IMPLEMENTASI METODE SOROGAN BI-NADHAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SANTRIWATI DI PONPES UMMUL KHOIR PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

FARIDATUL KAROMAH, 12201183214 (2022) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN BI-NADHAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SANTRIWATI DI PONPES UMMUL KHOIR PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Sorogan Bi-Nadhar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santriwati di Ponpes Ummul Khoir Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Faridatul Karomah, NIM. 12201183214, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Sokip, S.Ag., M.Pd.I. Kata kunci: Implementasi Metode Sorogan Bi-Nadhar, Kemampuan Membaca Al-Qur'an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh santriwati Ponpes Ummul Khoir yang juga berstatus sebagai mahasiswi belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid dan makharijul huruf sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Tidak semua dari mereka yang sebelumnya pernah belajar di lembaga pendidikan Islam, ada sebagian yang sudah mengemban pendidikan pesantren dan ada juga yang baru mulai masuk pesantren bersamaan dengan masuk Perguruan Tinggi. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana perencanaan metode sorogan bi-nadhar di Ponpes Ummul Khoir? (2) Bagaimana pelaksanaan metode sorogan bi-nadhar di Ponpes Ummul Khoir? (3) Bagaimana keuntungan dan hambatan metode sorogan bi-nadhar di Ponpes Ummul Khoir? Adapun yang menjadi tujuan dalam penulisan skripsi ini, yaitu (1) Untuk memaparkan perencanaan metode sorogan bi-nadhar dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santriwati di Ponpes Ummul Khoir Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. (2) Untuk memaparkan pelaksanaan metode sorogan bi-nadhar dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santriwati di Ponpes Ummul Khoir Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. (3) Untuk memaparkan keuntungan dan hambatan metode sorogan bi-nadhar dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santriwati di Ponpes Ummul Khoir Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian terletak di Ponpes Ummul Khoir Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pada tahap perencaan atau persiapan santri akan dibiasakan membaca doa atau bacaan yang telah ditentukan sebelumnya. (2) Pelaksanaan metode sorogan dilakukan dengan cara santri maju satu-persatu mengahadap ustadz/ustadzah untuk membaca Al-Qur’an, kemudian ustadz/ustadzah menyemak, menegur serta membimbing jika ada bacaan yang salah. (3) Keuntungan atau manfaat metode sorogan bi-nadhar yaitu, (a) Santri lebih mudah untuk dikontrol, diawasi, dan dibimbing oleh ustadz/ustadzah. (b) Merekatkan hubungan antara ustadz/ustadzah dan santri. (c) Dapat menjadi tolak ukur kemampuan masing-masing santri. Sedangkan, hambatan atau kendala metode sorogan yaitu, (a) Mengantuk. (b) Malas belajar (muthola’ah). (c) Alokasi waktu yang kurang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183214 Faridatul Karomah
Date Deposited: 05 Sep 2022 08:12
Last Modified: 05 Sep 2022 08:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29790

Actions (login required)

View Item View Item