MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS BUSTANUL ULUM BLITAR

Elva Nur Rahmawati, 12207183004 (2022) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS BUSTANUL ULUM BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (578kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

Rahmawati, Elva Nur NIM. 12207183004. 2022. “ Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs Bustanul Ulum Blitar. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dibimbing oleh Hj. Indah Khomsyiah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Prestasi Belajar Manajemen kesiswaan merupakan tugas seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja serta pembinaan secara kontinyu terhadap seluruh peserta didik agar dapat mengikuti proses belajar mengajar secara efektif dan efisien mulai dari penerimaan peserta didik hingga keluarnya peserta didik dari suatu sekolah. Dalam hal ini peneliti mengambil salah satu lembaga yakni MTs Bustanul Ulum Blitar sebagai objek penelitian. Sekolah ini memiliki siswa siswi yang unggul dalam prestasi, baik akademik maupun non akademik. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk menelitinya lebih dalam. Fokus penelitian ini adalah (1) Pengelolaan penerimaan peserta didik baru di MTs Bustanul Ulum Blitar saat pandemi covid-19 (2) Orientasi siswa baru di MTs Bustanul Ulum Blitar saat pandemi covid-19 (3) Cara mengatur kehadiran dan ketidak hadiran siswa baru di MTs Bustanul Ulum Blitar saat pandemi covid-19 (4) Ektrakulikuler pentas seni yang ada di MTs Bustanul Ulum saat pandemi covid-19 (5) Cara pendataan siswa di MTs Bustanul Ulum saat pandemi covid-19. Penelitian ini mengunakan kulitatif dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari Penelitian ini meliputi adalah (1) Penerimaan peserta didik baru saat pandemi covid-19 dengan menggunakan pencatatan dan layanan kepada peserta didik yang baru masuk sekolah, setelah mereka memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan oleh sekolah, (2) Orientasi siswa baru di MTs Bustanul Ulum Blitar saat pandemi covid-19 menggunakan kegiatan penerimaan siswa baru dengan mengenalkan situasi dan kondisi lembaga pendidikan (sekolah) tempat peserta didik itu menempuh pendidikan, (3) Cara mengatur kehadiran dan ketidak hadiran siswa baru di MTs Bustanul Ulum Blitar saat pandemi covid-19 kehadiran peserta didik di sekolah sangatlah penting, karena jika peserta tidak hadir di sekolah, tentu aktifitas belajar mengajar di sekolah tidak dapat dilaksanakan, (4) Ekstrakulikuler pentas seni yang ada di MTs Bustanul Ulum Blitar sebagai wadah untuk menampilkan bakat minat siswa saat pandemi covi-19, (5) Cara pendataan siswa di MTs Bustanul Ulum Blitar dengan menggunakan sistem online karena dengan keadaan covid-19.

Item Type: Skripsi
Subjects: Masyarakat Islam
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183004 Elva Nur Rahmawati
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:35
Last Modified: 23 Aug 2022 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29794

Actions (login required)

View Item View Item