PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS ANDROID DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK DI MI AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

NURIANA AZKA, 128505203021 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS ANDROID DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK DI MI AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (369kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Media Flashcard Berbasis Android dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris di MI Plus Al-Istighotsah Tulungagung” yang ditulis oleh Nuriana Azka, NIM. 128505203021 dibimbing oleh Prof. Dr. Mohamad Jazeri, M. Pd. dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd Kata kunci: Pengembangan, Media Flashcard, Kosakata Bahasa Inggris. Proses pembelajaran sering sekali dihadapkan pada pemikiran abstrak, dimana peserta didik dituntut untuk memahami materi yang jarang sekali diketahui dalam kehidupan sehari-hari. Akibatnya materi yang disampaikan kurang dapat dimengerti oleh peserta didik. Adanya kendala dalam proses pembelajaran tersebut pelajaran bahasa Inggris. Perihal tersebut baiknya seorang pendidik menerapkan inovasi yang dapat menunjang pembelajaran seperti penggunaan metode ataupun media yang tepat. Pengembangan media Flashcard berbasis android ini di dasarkan pada temuan masalah di lapangan yaitu belum tersedianya media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pendidik dan peserta didik. Media ini dapat digunakan baik saat di dalam kelas maupun di luar kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimanakah pengembangan produk media flashcard berbasis android dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris materi Public Places kelas tiga di MI Plus Al Istighotsah Tulungagung. 2) Bagaimanakah efektifitas media flashcard berbasis android dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris materi Public Places kelas tiga di MI Plus Al Istighotsah Tulungagung. Tujuan Penelitian ini diantaranya adalah mengetahui: 1) Mengetahui pengembangan produk media flashcard berbasis android dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris materi Public Places kelas tiga di MI Plus Al Istighotsah Tulungagung. 2) Mengetahui efektifitas media flashcard berbasis android dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris materi Public Places kelas tiga di MI Plus Al Istighotsah Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap utama, yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas III MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tuluangagung. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh: (1) Produk yang dihasilkan berupa flashcard berbasis android, dilengkapi dengan berbagai fitur. Produk dikembangkan sesuai dengan kompetensi dasar kelas III sekolah dasar dan juga berdasarkan dari instrumen penelitian dan pengembangan yang menggunakan lima tahapan yang lebih dikenal dengan model ADDIE. Metode yang dirumuskan kedalam lima tahapan yaitu analyze, design,develop, implement, dan evaluate. Hasil uji validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 96,24%; hasil uji validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 92,13% hasil analisis data uji lapangan oleh guru pengampu memperoleh skor rata-rata 91,40%; hasil uji coba lapangan terhadap peserta didik memperoleh skor rata-rata 92,5%. (2) Hasil analisis data uji coba tersebut kemudian dapat disimpulkan bahwa media flashcard berbasis android ini layak dan efektif untuk diimplementasikan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu juga, media ini dikatakan efektif berdasarkan hasil penghitungan Independent sample ttest diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,003 dan sig level sebesar 0,05 yang menunjukkan nilai sig.(2-tailed) < sig level (0,003 < 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media flashcard berbasis android, sehingga dapat disimpulkan bahwa media flashcard berbasis android efektif digunakan sebagai media pembelajaran dan berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: Tesis 128505203021 Nuriana Azka
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:28
Last Modified: 08 Sep 2022 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29795

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item