PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADAPESERTA DIDIK KELAS IV SDI AN-NURBUNGUR KARANGREJO TULUNGAGUNG

LENNY DIAN KARNINA, 3217113058 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADAPESERTA DIDIK KELAS IV SDI AN-NURBUNGUR KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Sampul dkk.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (106kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Islam An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Lenny Dian Karnina, NIM. 3217113058, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci: Model cooperative learning tipe Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah, yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together. Penggunaan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan masalah sosial peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Islam An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan masalah sosial melalui penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) pada peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Islam An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan Masalah Sosial peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Islam An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan Masalah Sosial melalui penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) pada peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Islam An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Islam An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 55,65 (30,43%) yang berada pada kriteria cukup baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 85.83 (91,66%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 29,69. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi masalah sosial IV di Sekolah Dasar Islam An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 3217113058 LENNY DIAN KARNINA
Date Deposited: 15 Dec 2015 04:08
Last Modified: 15 Dec 2015 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2981

Actions (login required)

View Item View Item