PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS V SDI AN-NUR BUNGUR KARANGREJO TULUNGAGUNG

ASROFIN NIKMATUL JANNAH, 3217113014 (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS V SDI AN-NUR BUNGUR KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1 SAMPUL.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB 1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB 2.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
15 BAB 4.pdf

Download (343kB)
[img] Text
16 BAB 5.pdf

Download (138kB)
[img] Text
17 DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V Sekolah Dasar Islam An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Asrofin Nikmatul Jannah, NIM. 3217113014, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Asrop Syafi’i, M.Ag. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang kurang aktif dan mudah bosan ketika pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Karena kegiatan pembelajaran lebih berpusat pada guru sedangkan metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan metode pembelajaran Talking Stick. Penggunaan metode pembelajaran Talking Stick dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, sehingga hasil belajar dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Islam An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Islam An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan metode pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Islam An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung (2) untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia siswa kelas V SDI An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Islam An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V sdi An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada tes awal 58, setelah mendapat pemberian tindakan pada siklus I nilai rata-rata siswa 70 dengan presentase ketuntasan 52%, pada siklus II nilai rata-rata 87,60 dengan prosentase ketuntasan 92% dengan demikian ketuntasan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial mengalami peningkatan 40%. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Islam An-nur Bungur Karangrejo Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 3217113014 ASROFIN NIKMATUL JANNAH
Date Deposited: 15 Dec 2015 04:07
Last Modified: 15 Dec 2015 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2982

Actions (login required)

View Item View Item