IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI AL AHSAN WONOCOYO POGALAN TRENGGALEK

NINA AYU NURMA YUWALINA, 12205183035 (2022) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI AL AHSAN WONOCOYO POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul Implementasi Metode Mind Mapping pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MI Al Ahsan Wonocoyo Pogalan Trenggalek ditulis oleh NINA AYU NURMA YUWALINA, NIM.12205183035, Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. NIP. 198605282014032002 Kata Kunci : Implementasi, Mind Mapping, Hasil belajar Penelitian ini didasarkan atas fenomena terjadinya penurunan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA manakala guru hanya menggunakan metode konvensional saja, sementara pembelajaran IPA membutuhkan metode belajar yang berbeda dengan pembelajaran selain eksakta. Untuk meningkatkan hasil belajar dibutuhkan metode yang tepat oleh seorang guru agar hasil belajar peserta didik meningkat. Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian di MI Al Ahsan di mana di sekolah ini guru IPA menerapkan metode mind mapping dalam pelajaran IPA. Metode mind mapping dipercaya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengkaji metode pembelaaran mind mapping yang ada di MI Al Ahsan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : Bagaimana Implementasi metode Mind Mapping model pemetaan silabus, model pemetaan bab, model pemetaan paragraf pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MI Al Ahsan Wonocoyo Pogalan Trenggalek?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan mind mapping : (1) model pemetaan silabus, (2) model pemetaan bab, (3) model pemetaan paragraph dalam meningkatkan hasil belajar IPA di MI Al Ahsan Wonocoyo Pogalan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dianalisis menggunakan analisis data Miles & Huberman, yang meliputi : kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Proses pembelajaran mind mapping model pemetaan silabus berpacu pada silabus pembelajaran, yang mana penyajian materi disajikan dengan gambaran materi selama satu semester penuh. Model pemetaan ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dibuktikan dengan adanya peningkatan skor Penilaian Akhir Semester (PAS) di semester genap dan peningkatan kreativitas siswa, (2) Proses pembelajaran mind mapping model pemetaan bab dilakukan dengan cara berkelompok, yang mana dalam satu kelompok akan diberi satu pokok bahasan kemudian disajikan dalam bentuk mind mapp. Model pemetaan ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dibuktikan dengan peningkatan skor penilaian harian pada bab yang disajikan dengan mind mapping dan konvensional dan meningkatnya kreativitas siswa sesuai indikator kemampuan psikomotorik, (3) Implementasi metode mind mapping model pemetaan paragraf disajikan sesuai Kompetensi Dasar (KD) yang dipelajari dengan menyajikan kata kunci pada tiap pokok bahasan beserta penjelasannya, dalam bentuk tulisan, gambar dan berbagai warna. Model pemetaan ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dibuktikan dengan peningkatan skor pada penilaian formatif setiap KDnya serta meningkatkan kreativitas siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205183035 NINA AYU NURMA YUWALINA
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:32
Last Modified: 25 Aug 2022 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29838

Actions (login required)

View Item View Item