PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 MOJO KEDIRI

M. ULIL ALBAB ASSYIDIQ, 3211113017 (2015) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Mojo Kediri” ini ditulis oleh M. Ulil Albab Asshidiq, Nim: 3211113017, yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata kunci: Problematika, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masalah pembelajaran pendidikan agama Islam itu bergantung pada guru, serta anak didik dalam menyerap ilmu-ilmu pendidikan agama Islam. Pendidikan agama Islam sangat mempengaruhi tentang pembelajaran yang ada. Selain itu pendidikan agama Islam diharapkan dapat mewujudkan kehidupan sesuai cita- cita Islam yang berimbang dalam intelektual dan spiritualnya. Dalam menghadapi kenyataan di atas, SMAN 1 Mojo Kediri merasa perlu mengharap berbagai upaya untuk mengatasi pembelajaran pada anak didik. Diharapkan anak didik mampu menjadi kader-kader Islami yang mempunyai IPTEK tinggi dan imtaq yang kuat sehingga nantinya menjadi pribadi muslim yang tangguh dalam menghadapi segala jaman dan menjadi sumberdaya manusia yang bermutu. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah (1) Bagaimana keadaan anak didik saat pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Mojo Kediri berlangsung? (2) Apa kendala yang dihadapi guru saat dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Mojo Kediri berlangsung? (3) Bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh SMAN 1 Mojo Kediri dalam mengatasi problem pembelajaran pendidikan agama Islam? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan anak didik pada saat materi pendidikan agama Islam di SMAN 1 Mojo Kediri dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi pada saat pembelajaran serta untuk mengetahui langkah-langkah sekolah dalam mengatasi problem pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi lalu dianalisis secara induktif. Dari hasil penelitian diperoleh fakta bahwa masalah problematika dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Mojo ditemukan peserta didik kurang menyukai pembelajaran karena guru memberikan materi secara monoton sehingga anak didik kurang mampu menyerap pembelajaran dengan baik. Selain itu kurikulum yang digunakan guru selalu berubah-ubah dan wawasan guru masih belum mampu untuk menjawab masalah-masalah yang dihadapi anak didik serta lingkungan yang kurang mendukung terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam. Dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Mojo ditemukan permasalahan pada guru yang masih kurang memiliki wawasan, padahal guru sebagai transformator ilmu, yang membimbing dan mengarahkan anak didik menuju perbaikan dan kesempurnaan, maka guru harus mempunyai wawasan dalam pendidikan, guru bukan hanya pemberi tugas kepada siswa tampa interaksi yang mengakibatkan guru tidak mengetahui perkembagan anak didik, sehingga guru tersebut dapat mengetahui permasalahan-permasalah yang dihadapi anak didik dalam proses belajar mengajar. Wawasan guru akan pembelajaran pendidikan agama Islam seringkali mengakibatkan guru pendidikan agama Islam di SMAN 1 Mojo kebingungan menghadapi permasalaha yang dihadapi oleh siswa, antara lain permasalahan kurang bisanya siswa terhadap pendidikan agama Islam membuat guru agama Islam di SMAN 1 Mojokebingunagn menggunkan metode yang dapat diterima oleh siswa, sehingga penggunaan metode yang digunakan selalu monoton. Penggunaan metode yang monoton mengakibatkan siswa kurang berkembang dan kurang kreatif. Selain permasalahan guru yang menjadi probematika dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Mojo juga terdapat permasalahan sarana yang kurang memadai yaitu ruangan perpustakaan serta buku panduan pendidikan agama Islam yang seharusnya digunakan sehari-hari, hal tersebut secara tidak langsung juga menjadi probematika dalam pembelajaran penddikan agama Islam. Problematika yang ada dalam pembelajaran pendidikan agama Islam tidak hanya terletak pada lingkup sekolah saja akan tetapi peran serta keluarga yang kurang dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam juga merupakan kendala dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yang ada di SMAN 1 Mojo. Mengatasi Problem Guru antara lain: Melakukan jam tambahan bagi siswa setelah pulang sekolah, guru menggunakan metode yang dapat diterima oleh siswa, penambahan guru pendidikan agama Islam, mendelegasikan guru agama untuk pelatihan atau seminar, guru agama mencari informasi sendiri Mengatasi Problem Lingkungan disini pihak SMAN 1 Mojo mengadakan pertemuan dengan wali murid dalam membahas pembelajaran yang ada. Dan dari situ diharap akan terbentuk kerjasama dalam pendidikan anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211113017 M. ULIL ALBAB ASSYIDIQ
Date Deposited: 15 Feb 2016 06:30
Last Modified: 15 Feb 2016 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2984

Actions (login required)

View Item View Item