PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK

ISNA PUTRI YITNA MAHSUNA, 12211183028 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XI SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Isna Putri Yitna Mahsuna, NIM 12211183028, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran fisika yang masih berpusat pada guru (teacher centered) dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, dimana proses pembelajarannya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga kurang adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran ini mengharuskan siswa untuk memecahkan suatu masalah dengan menggunakan metode diskusi kelompok, sehingga siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. 2) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. 3) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dan desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Non-probability sampling dengan tipe purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Durenan. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, serta dokumentasi dan dianalisis menggunakan uji t-test dan uji MANOVA dengan bantuan IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 15,326 > 1,671. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 4,973 > 1,671. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211183028 ISNA PUTRI YITNA MAHSUNA
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:24
Last Modified: 24 Aug 2022 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29890

Actions (login required)

View Item View Item