AZZA HABIBAH HASNANI, 12210183097 (2022) INTERFERENSI FONOLOGI BAHASA JAWA TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SDIT CINTA ISLAM PERAK JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (749kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (238kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) |
Abstract
Keanekaragaman bahasa menjadikan masyarakat Indonesia sebagai masyarakat yang bilingual atau dwibahasawan karena menguasai lebih dari satu bahasa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena interferensi bahasa Jawa terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang terjadi pada siswa kelas VI SDIT Cinta Islam. Siswa terbiasa menggunakan Bahasa Jawa di dalam komunikasi keseharian. Sementara itu, bahasa Indonesia hanya siswa gunakan terbatas ketika berkomunikasai dalam konteks pembelajaran di kelas, berbincang dengan orang yang lebih tua, dan berbincang dengan orang yang baru dikenal. Kondisi tersebut menimbulkan potensi terjadinya interferensi. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bentuk interferensi fonologi bahasa Jawa terhadap penggunaaan bahasa Indonesia pada Siswa kelas VI SDIT Cinta Islam, dan (2) faktor yang mempengaruhi interferensi fonologi bahasa Jawa terhadap penggunaaan bahasa Indonesia pada Siawa kelas VI SDIT Cinta Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Metode ini digunakan agar mampu memahami dan memberikan gambaran yang jelas mengenai permasalahan yang terkait dengan isi penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunagak adalah observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah Siswa kelas VI SDIT Cinta Islam Perak sebanyak 11 siswa yang masih terbiasa memasukkan unsur atau kaidah bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia dalam berkomunikasi. Kurangnya motivasi dan semangat siswa dalam mengubah kebiasaan kesalahan berbahasa menjadi salah satu alasan dalam melakukan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan (1) bentuk kesalahan fonologi berupa terjadinya bunyi nasal yaitu [n], [m], dan [ŋ] yang mendahului fonem /b/, /d/, /j/, dan /g/, pengurangan fonem, pengubahan fonem, dan penambahan fonem. (2) Faktor terjadinya interferensi berupa kedwibahasaan penutur, terbiasa menggunakan bahasa Jawa, kurangnya kosakata penerima, terbiasa menggunakan bahasa ibu, dan guru masih memiliki kebiasaan mengajar menggunakan bahasa Jawa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183097 Azza Habibah Hasnani |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 06:28 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 06:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29896 |
Actions (login required)
View Item |