EMILIA NA'ILATUL M., 12211183069 (2022) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKANAN ZAT PADAT KELAS VIII MTS SWASTA SE-KECAMATAN PLEMAHAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (374kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (434kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
Abstract
Emilia Na’ilatul M., NIM. 12211183069, 2022, Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Tekanan Zat Padat Kelas VIII MTs Swasta Se-Kecamatan Plemahan, Skripsi, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci : Pengaruh Metode Eksperimen, Hasil Belajar, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar fisika siswa yang masih rendah dan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran fisika. Maka penerapan metode pembelajaran eksperimen diperlukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi tekanan zat padat Kelas VIII MTs Swasta Se-Kecamatan Plemahan. (2) Pengaruh metode eksperimen terhadap motivasi belajar siswa pada materi tekanan zat padat Kelas VIII MTs Swasta Se-Kecamatan Plemahan. (3) Pengaruh metode eksperimen terhadap hasil dan motivasi belajar siswa pada materi tekanan zat padat Kelas VIII MTs Swasta Se-Kecamatan Plemahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta Se-Kecamatan Plemahan dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A dan VIII B MTs Islamiyah. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar (pretest dan posttest), angket motivasi belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan uji instrumen (uji validitas dan uji homogenitas), uji prasyarat (uji homogenitas dan uji normalitas), dan uji hipotesis (uji-t, uji n-gain score, dan uji manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi tekanan zat padat kelas VIII MTs Swasta Se-Kecamatan Plemahan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,001 < 0,05 dan thitung > ttabel atau 3,529 > 2,017 yang menyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. (2) Terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap motivasi belajar siswa pada materi tekanan zat padat kelas VIII MTs Swasta Se-Kecamatan Plemahan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,016 < 0,05 dan thitung > ttabel atau 2,504 > 2,017 yang menyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. (3) Terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap hasil dan motivasi belajar siswa pada materi tekanan zat padat kelas VIII MTs Swasta Se-Kecamatan Plemahan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,001 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211183069 Emilia Na'ilatul M. |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 02:51 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 02:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29940 |
Actions (login required)
View Item |