ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KUALITAS PELAYANAN YANG DIBERIKAN OLEH PIHAK BMT SAHARA TULUNGAGUNG DAN BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG

WELLYA ARDILLA LARENSA, 12401183045 (2022) ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KUALITAS PELAYANAN YANG DIBERIKAN OLEH PIHAK BMT SAHARA TULUNGAGUNG DAN BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Perbandingan Tingkat Kualitas Pelayanan yang diberikan oleh Pihak BMT Sahara Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung” yang ditulis oleh Wellya Ardilla Larensa, Nim. 12401183045, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Ali Mauludi, AC., M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan BMT didaerah-daerah khususnya di Tulungagung yang semakin pesat karena BMT mampu memberikan sumbangsih terhdap perekonomian lokal dan kebutuhan permodalan kalangan umat Muslim. Dengan semakin banyaknya BMT di Tulungagung ini, maka persaingan diantara lembaga pun semakin ketat. Kualitas pelayanan yang baik dianggap dapat menjadi peran utama untuk menarik nasabah dan mempertahankan eksistensi BMT tersebut. Analisis perbandingan tingkat kualitas pelayanan dapat dilihat dari perbedaan kelima dimensi kualitas pelayanan pada BMT Sahara Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung. Dimensi kualitas pelayanan yaitu meliputi Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan terhadap 5 dimensi dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh BMT Sahara Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket dan sumber data yang digunakan adalah primer. Populasi dan subjek penelitian pada masing-masing BMT yaitu sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas dan uji statistik independent t-test untuk menguji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil pemgujian hipotesis pada variabel Tangible dari uji statistik independent t-test diperoleh hasil uji t.hit < t.tabel, maka H0 diterima dan H1 ditolak dapat diartikan yaitu tidak ada perbedaan signifikan pada variabel Tangible yang diberikan oleh pihak BMT Sahara tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung, 2) Pada variabel Reliability diperoleh hasil uji t.hit > t.tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat perbedaan signifikan pada variabel Reliability yang diberikan oleh pihak BMT Sahara tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung, 3) Pada variabel Responsiveness diperoleh hasil uji t.hit < t.tabel, maka H0 diterima dan H1 ditolak yaitu tidak ada perbedaan signifikan pada variabel Responsiveness yang diberikan oleh pihak BMT Sahara tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung, 4) Pada variabel Assurance diperoleh hasil uji t.hit < t.tabel, maka H0 diterima dan H1 ditolak yaitu tidak ada perbedaan signifikan pada variabel Assurance yang diberikan oleh pihak BMT Sahara tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung, 5) Pada variabel Emphaty diperoleh hasil uji t.hit < t.tabel, maka H0 diterima dan H1 ditolak yaitu tidak ada perbedaan signifikan pada variabel Emphaty yang diberikan oleh pihak BMT Sahara tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung, Kata Kunci : Perbandingan, Kualitas Pelayanan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401183045 Wellya Ardilla Larensa
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:53
Last Modified: 25 Aug 2022 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29946

Actions (login required)

View Item View Item