FIMA RIA NUR LAELA, 12204183081 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (598kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (304kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (482kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (460kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Video Pembelajaran Terhadapa Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTsN 5 Kediri” yang ditulis oleh Fima Ria Nur Laela, NIM. 12204183081, Jurusan Tadris Matematika, Dosen Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition, Video Pembelajaran, Kemampuan Pemahaman Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Guru aktif memberikan materi sedangkan siswa hanya sebagai penerima saja. Hal tersebut menjadikan siswa kurang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga peserta didik kurang memaknai pembelajaran itu sendiri dan mengakibatkan rendahnya kemampuan pemahaman matematika yang dimiliki siswa. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis adalah dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. Model pembelajaran ini menjadikan siswa lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran AIR akan lebih bermakna jika dipadukan dengan media pembelajaran berupa media video pembelajaran. Sehingga sangat baik untuk menambah pengalaman belajar serta pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 5 Kediri. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design dan desain penelitian Post-test Only Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 5 Kediri tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test dan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 5 Kediri. (2) Besar pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 5 Kediri sebesar 0,932 atau 82% dengan kategori tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan Matematika > Ruang |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183081 Fima Ria Nur Laela |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 03:09 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 03:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29953 |
Actions (login required)
View Item |