PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTsN 5 KEDIRI

FIMA RIA NUR LAELA, 12204183081 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (598kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Video Pembelajaran Terhadapa Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTsN 5 Kediri” yang ditulis oleh Fima Ria Nur Laela, NIM. 12204183081, Jurusan Tadris Matematika, Dosen Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition, Video Pembelajaran, Kemampuan Pemahaman Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Guru aktif memberikan materi sedangkan siswa hanya sebagai penerima saja. Hal tersebut menjadikan siswa kurang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga peserta didik kurang memaknai pembelajaran itu sendiri dan mengakibatkan rendahnya kemampuan pemahaman matematika yang dimiliki siswa. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis adalah dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. Model pembelajaran ini menjadikan siswa lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran AIR akan lebih bermakna jika dipadukan dengan media pembelajaran berupa media video pembelajaran. Sehingga sangat baik untuk menambah pengalaman belajar serta pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 5 Kediri. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design dan desain penelitian Post-test Only Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 5 Kediri tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test dan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 5 Kediri. (2) Besar pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 5 Kediri sebesar 0,932 atau 82% dengan kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183081 Fima Ria Nur Laela
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:09
Last Modified: 25 Aug 2022 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29953

Actions (login required)

View Item View Item