PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII MTS SULTAN AGUNG JABALSARI TULUNGAGUNG

INNA MINNURIKA, 12204183079 (2022) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII MTS SULTAN AGUNG JABALSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (778kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (721kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Learning Cycle 5E terhadap Self-Efficacy dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung” ini ditulis oleh Inna Minnurika, NIM. 12204183079, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tabiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Model Learning Cycle 5E, Self-efficacy, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya self-efficacy dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Salah satu penyebabnya adalah kegiatan pembelajaran yang masih berpusat kepada guru dan menjadikan siswa sebagai objek belajar. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan mendorong aktivitas konstruktif. Dengan menggunakan model learning cycle 5E ini siswa diarahkan untuk berusaha membangun pengetahuan mereka melalui keterlibatan langsung dalam kegiatan pembelajaran, sehingga diharapkan self-efficacy dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model learning cycle 5E terhadap self-efficacy siswa pada materi bangun datar kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung , (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung, (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model learning cycle 5E terhadap self-efficacy dan hasil belajar siswa pada materi bangun datar kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental jenis one grup pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs Sultan Agung Jabalsari. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, sehingga sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs Sultan Agung Jabalsari yang berjumlah 23 siswa. Data penelitian ini diambil dari skor angket dan tes hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan model learning cycle 5E yang kemudian dianalisis menggunakan uji paired samples test dan dilanjutkan dengan uji effect size cohen’s d. Hasil penelitian yang dilakukan adalah (1) Ada pengaruh model learning cycle 5E terhadap self-efficacy siswa pada materi bangun datar kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung, dengan nilai signifikasi sebesar 0,013, (2) Ada pengaruh model learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung, dengan nilai signifikasi sebesar 0,000, (3) Besar pengaruh model learning cycle 5E terhadap self-efficacy siswa pada materi bangun datar kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari sebesar 0.52 atau 52% termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan besar pengaruh model learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari adalah sebesar 0.88 atau 88% termasuk dalam kategori besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183079 Inna Minnurika
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:05
Last Modified: 25 Aug 2022 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29957

Actions (login required)

View Item View Item