GAYA KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MELESTARIKAN BUDAYA SALAF (Studi Multisitus Di Pondok Pesantren Sulaiman Trenggalek dan Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung)

PRATAMA DICKY MARTINO, 12501194013 (2022) GAYA KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MELESTARIKAN BUDAYA SALAF (Studi Multisitus Di Pondok Pesantren Sulaiman Trenggalek dan Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (585kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Gaya Kepemimpinan Kiai dalam Melestarikan Budaya Salaf (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Sulaiman Trenggalek dan Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung)” ini ditulis oleh Pratama Dicky Martino, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, NIM: 1201194013 Tahun 2021 dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag dan Dr. H. Nur Efendi, M.Ag Kata Kunci : Gaya kepemimpinan kiai, Budaya Salaf. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena kurangnya perhatian mengenai kepemimpinan kiai. Oleh karena itu perlu adanya usaha untuk menggali ilmu yang berkaitan dengan kepemimpinan kiai. Dalam hal ini penulis menggali data terkait kepemimpinan kiai dalam Melestarikan Budaya Salaf di Pondok Pesantren Sulaiman Trenggalek dan Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana kebijakan kiai dalam melestarikan budaya salaf di Pondok Pesantren Sulaiman Trenggalek dan Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung?; (2) Bagaimana perilaku kiai dalam melestarikan budaya salaf di Pondok Pesantren Sulaiman Trenggalek dan Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung?; (3) Bagaimana motivasi kiai dalam melestarikan budaya salaf di Pondok Pesantren Sulaiman Trenggalek dan Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung?. Tujuan penelitian dalam tesis ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana kebijakan kiai dalam melestarikan budaya salaf di Pondok Pesantren Sulaiman Trenggalek dan Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung; 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana perilaku kiai dalam melestarikan budaya salaf di Pondok Pesantren Sulaiman Trenggalek dan Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung; 3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana perilaku organisasi yang diterapkan dalam melestarikan budaya salaf di Pondok Pesantren Sulaiman Trenggalek dan Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Tesis ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni model Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui triaggulasi. Hasil dari penelitian ini adalah : 1. Kebijakan kiai dalam melestarikan budaya salaf pesantren berpijak pada prinsip seimbang, konsistensi, dan selektif untuk mencapai tujuan. 2. Perilaku kiai dalam melestarikan budaya salaf pesantren diwujudkan dalam akhlaqul karimah, kebersamaan, gotong royong sebagai teladan bagi santri. 3. Motivasi dari kiai dalam melestarikan budaya salaf pesantren berupa semangat syi‟ar islam, berlomba-lomba dalam kebaikan, uswatun khasanah, dan taqwa sebagai sebuah khidmat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501194013 PRATAMA DICKY MARTINO
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:00
Last Modified: 08 Sep 2022 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29960

Actions (login required)

View Item View Item