IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI PADA KELAS X MA DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG

UMI NADHIROH, 12210183058 (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI PADA KELAS X MA DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BABVI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Menulis Teks Cerita Ulang Biografi pada Kelas X MA Darul Hikmah Tulungagung” yang ditulis oleh Umi Nadhiroh, NIM 12210183058, program studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Teks Biografi. Kurikulum 2013 sudah berjalan kurang lebih tujuh tahun. Penerapan kurikulum 2013 di beberapa sekolah yang mengimplementasikan kurikulum 2013 pada pembelajaran menulis teks biografi menunjukkan adanya peningkatan. Namun, di beberapa sekolah lagi mengalami kesulitan dalam menerapkan kurikulum 2013 pada pembelajaran menulis teks biografi atau bahkan mengalami penurunan. MA Darul Hikmah Tulungagung merupakan sekolah yang memiliki keunggulan yang baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Sehubungan dengan ini, penulis melakukan penelitian di kelas X MA Darul Hikmah Tulungagung terkait dengan bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi dengan mengimplementasikan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang di dalamnya penulis bertindak sebagai instrumen utama. Penulis berusaha mendeskripsikan situasi sosial tentang pengimplementasian kurikulum 2013 yang terjadi di MA Darul Hikmah Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data yang menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi siswa kelas X di MA Darul Hikmah Tulungagung. Hasil penelitian implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi siswa kelas X MA Darul Hikmah Tulungagung menunjukkan bahwa guru membuat perencanaan pembelajaran yang tersusun dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Selain itu, pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan rencana yang ada di RPP. Evaluasi penilaian pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi dilakukan dengan tes dan non tes. Penilaian tersebut didasarkan pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Kurikulum
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183058 Umi Nadhiroh
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:53
Last Modified: 25 Aug 2022 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29969

Actions (login required)

View Item View Item