DELLA NUR OKTA FIANI, 12201183335 (2022) STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 4 KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (960kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (574kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (385kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas X di MAN 4 Kediri” ini ditulis oleh Della Nur Okta Fiani NIM. 12201183335. Dosen Pembimbing Hasanal Khuluqi, S. Ud., M. Ag. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 2022. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Minat Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam selama ini, karena guru menggunakan metode yang umum yaitu ceramah. Untuk mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam agar menarik bagi peserta didik Kelas X di MAN 4 Kediri guru Sejarah Kebudayaan Islam mempunyai strategi- strategi yang berbeda dengan yang dipakai oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam pada umumnya. Selain itu keterampilan guru dalam menggunakan berbagai macam strategi dapat meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X di MAN 4 Kediri (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X di MAN 4 Kediri (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X di MAN 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan lokasi penelitian yang bertempat di MAN 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu, narasumber (informan), peristiwa atau aktivitas, lokasi penelitian, dokumen. Metode pengumpulan data yaitu, metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi, perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X di MAN 4 adalah Menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) (2) Pelaksanaan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X di MAN 4 adalah a) Membuka kegiatan belajar, b) Mengkondisikan siswa, c) Menyampaikan tujuan belajar, d) Menyampaiakn langkah- langkah pembelajaran, e) Membagi kelompok diskusi, f) Membuat peta konsep setiap kelompok, g) Mempersentasikan hasil peta konsep setiap kelompok, h) Kelompok yang lain menanggapi, i) Membuat rangkuman materi setiap anak.(3) Evaluasi strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X di MAN 4 adalah a) Mengadakan tanya jawab sebelum dan sesudah belajar, b) Mengadakan pre- test, c) Mengadakan Post- test, d) Mengadakan test setiap akhir bab, e) Memberikan tugas harian, f) Mengadakan ulangan harian, g) Mengadakan ujian tengah semester.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Sejarah Kebudayaan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183335 Della Nur Okta Fiani |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 07:46 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 07:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29977 |
Actions (login required)
View Item |