KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ( Studi Multikasus di SMKN 1 Watulimo Trenggalek dan SMK Islam 1 Durenan Trenggalek)

TRI WAHYUNI, 12501194010 (2022) KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ( Studi Multikasus di SMKN 1 Watulimo Trenggalek dan SMK Islam 1 Durenan Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multikasus di SMKN 1 Watulimo dan SMK Islam 1 Durenan Trenggalek)” ini ditulis oleh Tri Wahyuni dengan bimbingan Prof. Dr. H. Achmad Fatoni, M.Ag dan Dr. H. Nur Efendi, M.Ag Kata Kunci : Kepemimpinan Visioner, Kepala Sekolah, Peningkatan Mutu Pendidikan Perkembangan kemajuan di era globalisisasi dan revolusi industri 4.0 membawa perubahan yang penuh dengan ketidakpastian sehingga memberikan kesempatan besar pada pemimpin organisasi pendidikan yaitu kepala sekolah untuk mengembangkan nilai nilai kepemimpinan yang memiliki wawasan jauh ke depan dan mampu menangkap peluang sesuai dengan tuntutan stakeholders. Oleh karena itu diperlukan sosok pemimpin salah satunya melalui kepemimpinan visoner kepala sekolah yang dipandang representatif dengan tuntutan perubahan yang begitu pesat agar mutu pendidikan dapat ditingkatkan. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana langkah kepemimpinan visioner kepala sekolah merumuskan visi dan misi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Watulimo dan SMK Islam 1 Durenan ?, (2) Bagaimana langkah kepemimpinan visioner kepala sekolah mentransformasikan visi dan misi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Watulimo dan SMK Islam 1 Durenan Trenggalek?, (3) Bagaimana langkah kepemimpinan visioner kepala sekolah mengimplementasikan visi dan misi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Watulimo dan SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? Rancangan penelitian tesis ini menggunakan studi multikasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi pastisipan, , wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis data kasus tunggal dan analisis data lintas kasus. Analisis data kasus tunggal dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara analisis data lintas kasus diperoleh dari memadukan temuan sementara dari kedua kasus penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam merumuskan visi dan misi berdasarkan nilai personal kepala sekolah dan nilai dasar organisasi, kebutuhan masyarakat, analisis SWOT, serta dirumuskan dengan cara bersama sama dengan melibatkan seluruh personel sekolah dan stakeholder. (2) Kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam mentransformasikan visi dan misi dilakukan dengan cara sosialisasi ,mengkomunikasikan visi dan misi atau (sharing vision ) berbagi visi kepada seluruh personel sekolah dan stakeholders yang dilakukan secara langsung atau tidak langsung dengan berbagai bentuk media publikasi, menjadi teladan atau contoh, serta mengkoordinasikan dan mensinergikan visi dan misi sesuai tugas pokok dan fungsi setiap bagian dari team work. (3) Kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam mengimplementasikan visi dan misi membentuk lembaga pendidikan yang didesain dan memiliki tampilan yang berbeda (ciri khas) serta menawarkan juga program-program unggulan yang dapat menjadi branding dari lembaga pendidikan sebagai bentuk upaya mewujudkan visi lembaga pendidikan sesuai dengan ciri khas masing masing lembaga pendidikan, menyusun strategi dan program agar sesuai dengan visi dan misi dengan mengedepankan karakteristik dan nilai budaya sekolah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501194010 TRI WAHYUNI
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:59
Last Modified: 20 Sep 2022 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29978

Actions (login required)

View Item View Item