PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY PADA MATERI DINAMIKA PENDUDUK INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT

SITA SOVILA, 12209183037 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY PADA MATERI DINAMIKA PENDUDUK INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Infografis Berbasis Pendekatan Inquiry Pada Materi Dinamika Penduduk Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MTs Miftahul Huda Ngunut” ini ditulis oleh Sita Sovila, NIM. 12209183037, Dosen Pembimbing Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Infografis, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh media dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih mengunakan metode konvensional dan jarang menggunakan strategi pembelajaran yang modern, hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Pemanfaatan media pengajaran pada hakekatnya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengajaran. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya ialah pemilihan media yang tepat agar menarik peserta didik untuk semangat belajar, interaktif saat digunakan, dan tidak mengurangi esensi materi yang disampaikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini, antara lain: (1) Bagaimana pengembangan bahan ajar infografis berbasis pendekatan inquiry pada materi dinamika penduduk Indonesia? (2) Bagaimana kevalidan media infografis berbasis pendekatan inquiry pada materi dinamika penduduk Indonesia? (3) Bagaimana pengaruh media infografis berbasis pendekatan inquiry pada materi dinamika penduduk Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Miftahul Huda Ngunut?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media ajar infografis berbasis pendekatan inquiry pada materi Dinamika Penduduk Indonesia, (2) Mengetahui kevalidan media infografis berbasis pendekatan inquiry pada materi dinamika penduduk Indonesia, (3) Mengetahui pengaruh media infografis berbasis pendekatan inquiry pada materi dinamika penduduk Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Miftahul Huda Ngunut. Penelitian ini sebagai penelitian pengembangan yang menghasilkan produk media infografis berbasis pendekatan inquiry sesuai dengan model ADDIE. Penelitian dilakukan di MTs Miftahul Huda Ngunut dengan subjek penelitian siswa kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan VII-B sebagai kelas eksperimen. Data yang didapat dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk pengevaluasian media infografis berbasis pendekatan inquiry. Hasil validasi ahli media, ahli materi, dan guru IPS terhadap media infografis berbasis pendekatan inquiry menunjukkan layak digunakan dengan sedikit revisi. Dengan menggunakan media infografis berbasis pendekatan inquiry memiliki pengaruh peningkatan hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukkan dengan peroleh nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 atau (0,000 < 0,05) maka maka H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai rata-rata Posttest kelas VII-B eksperimen yang menggunakan media infografis berbasis pendekatan inquiry sebesar 92,6 dan rata-rata nilai kelas VII-A kontrol yang tidak menggunakan media infografis berbasis pendekatan inquiry sebesar 86,4 sehingga selisih diantaranya ialah 6.2 dengan hal ini dapat disimpulkan adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan media infografis berbasis pendekatan inquiry. Dengan hal ini media infografis berbasis pendekatan inquiry sebagai media pembelajaran yang efektif digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209183037 SITA SOVILA
Date Deposited: 25 Aug 2022 06:46
Last Modified: 25 Aug 2022 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29991

Actions (login required)

View Item View Item