ROFIQOH, MA’INATUR ROHMAH (2014) PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS III MI MIFTAHUL ULUM BONO PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
iain-ta-st-rofiqohmai-315-1-sampuld-n.pdf Download (702kB) | Preview |
Abstract
Beberapa penyebab kurangnya prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam siswa kelas III SDI MI Miftahul Ulum Bono Pakel Tulungagung adalah kurangnya minat siswa dalam membaca materi pelajaran, pembelajaran yang dilakukan guru kurang bisa menarik perhatian siswa karena metode yang digunakan kebanyakan adalah ceramah kemudian pemberian tugas sehingga siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan karena munculnya rasa bosan dengan metode dan model pembelajaran yang monoton yaitu lebih banyak didominasi oleh guru dan siswa pandai saja sedangkan siswa yang kurang pandai cenderung bersifat pasif. Dalam penelitian ini peneliti memilih materi sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan menerapkan metode active learning tipe team quiz dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Pembelajaran dengan menerapkan metode active learning tipe team quiz ini dengan harapan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan, sehingga prestasi belajar siswa bisa meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan metode active learning tipe team quiz pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam pokok bahasan mengenal sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW. siswa kelas III MI Miftahul Ulum Bono Pakel Tulungagung? 2) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan metode active learning tipe team quiz pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam pokok bahasan mengenal sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW. siswa kelas III MI Miftahul Ulum Bono Pakel Tulungagung? Dan tujuan penelitian ini adalah 1) Menjelaskan penerapan metode active learning tipe team quiz pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam pokok bahasan sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW. siswa kelas III MI Miftahul Ulum Bono Pakel Tulungagung. 2) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa dengan metode active learning tipe team quiz pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam pokok bahasan sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW. kelas III MI Miftahul Ulum Bono Pakel Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian adalah kelas III MI Miftahul Ulum Bono Pakel Tulungagung dengan jumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas siswa, lembar pengamatan aktifitas guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Penerapan metode active learning tipe team quiz sangat efektif diterapkan pada siswa kelas III MI Miftahul Ulum Bono Pakel Tulungagung bidang studi sejarah kebudayaan Islam pokok bahasan sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW, 2) Penerapan pembelajaran menggunakan metode active learning tipe team quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum Bono Pakel Tulungagung pada pokok bahasan sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dari hasil analisis data diketahui bahwa prestasi belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum Bono Pakel Tulungagung pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam dengan menggunakan metode active learning tipe team quiz ini meningkat. Dari rata-rata hasil tes awal 38,75 meningkat menjadi 77,75 pada tes akhir tindakan siklus I, dan meningkat lagi pada tes akhir tindakan siklus II menjadi 83,5. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 30% pada saat tes awal, menjadi 75% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 80%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 25 Sep 2014 09:54 |
Last Modified: | 25 Sep 2014 09:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3 |
Actions (login required)
View Item |