IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERILAKU PEDAGANG PASAR TEMPLEK DESA NGRANTI TULUNGAGUNG

EMA KALIMA KISMI PUTRI, 12402183141 (2022) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERILAKU PEDAGANG PASAR TEMPLEK DESA NGRANTI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (742kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Etika Bisnis Islam terhadap Perilaku Pedagang Pasar Templek Desa Ngranti Tulungagung” ditulis oleh Ema Kalima Kismi Putri, NIM. 12402183141, Pembimbing Refki Rusyadi, M.Pd.I. Pasar Templek merupakan pasar tradisional yang terletak di Desa Ngranti, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Pasar Templek ramai dikunjungi para pembeli dari berbagai desa karena produknya yang masih fresh, lengkap, akses menuju lokasi mudah lokasi dan harga yang terjangkau. Tidak dapat dipungkiri, bahwa disetiap pasar pasti terdapat permasalahan akibat perilaku pedagang yang menyimpang, begitupun di Pasar Templek. Dari hasil pengamatan peneliti, permasalahan yang muncul diantaranya manipulasi barang, persaingan tidak sehat, pelayanan yang kurang baik, dan lain-lain. Berbagai permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan Etika Bisnis Islam. Hal ini dikarenakan Etika Bisnis Islam berlandaskan Al-Qur‟an dan Hadits sehingga pasti kebenaran dan kebaikannya. Sehubungan dengan hal tersebut, peneliti tertarik untuk menjadikan Pasar Templek sebagai objek penelitian. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana pemahaman etika bisnis Islam pada para pedagang Pasar Templek? 2) Bagaimana implementasi etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang Pasar Templek? 3) Apa saja tantangan yang di hadapi para pedagang Pasar Templek dalam mengimplementasikan etika bisnis Islam? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu 1) Reduksi Data, 2) Penyajian Data, 3) Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman etika bisnis Islam pada para pedagang Pasar Templek masih kurang, pedagang belum mampu memahami esensi Etika Bisnis Islam dengan baik dan belum mengetahui penerapannya dengan baik. 2) Implementasi etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang Pasar Templek belum sepenuhnya diterapkan. Jika dikaitkan dengan prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam, ditemukan pedagang yang tidak menjalankan ibadah sholat, memanipulasi barang, memaksa kehendak pembeli, bersikap kurang baik, dan lain-lain. Meskipun begitu, sebagian pedagang sudah mengimplementasikan Etika Bisnis Islam dengan cukup baik. 3) Tantangan yang di hadapi para pedagang Pasar Templek dalam mengimplementasikan Etika Bisnis Islam cukup beragam, diantaranya yaitu persaingan bisnis yang tidak sehat, takut rugi karena produk tidak laku, komplain pembeli mengenai kualitas barang, dan kurangnya pemahaman tentang etika bisnis Islam. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Pedagang, Perilaku.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183141 EMA KALIMA KISMI PUTRI
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:46
Last Modified: 26 Aug 2022 01:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30019

Actions (login required)

View Item View Item