STRATEGI BIMBINGAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI UNDERACHIEVER PESERTA DIDIK DI SD ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG

BAIDULLAH IZZATU ZAMI'Q, 12201183277 (2022) STRATEGI BIMBINGAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI UNDERACHIEVER PESERTA DIDIK DI SD ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Underachiever Peserta Didik di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung” ini ditulis oleh Baidullah Izzatu Zamiq, NIM: 12201183277, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU), Pembimbing: Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Pendidikan Agama Islam, Underachiever Dalam kegiatan belajar yang dilakukan peserta didik tidak selalu lancar seperti apa yang diharapkan. Terkadang mereka mengalami kesulitan atau hambatan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Berbagai macam kesulitan belajar pada bidang studi Pendidikan Agama Islam yang dialami peserta didik antara lain: Kesulitan dalam membaca, menulis, menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an, mempraktikkan kegiatan keagamaan, kurangnya pemahaman dan pendalaman materi yang diajarkan dikarenakan pada sekolah tersebut terdapat peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. Dalam setiap kegiatan proses pembelajaran, guru bidang studi Pendidikan Agama Islam selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi peserta didiknya dengan cara memilih pendekatan dan metode yang baik, sehingga peserta didik selalu termotivasi untuk selalu rajin dalam belajar. Fokus penelitian ini adalah (1) Pendekatan Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Underachiever Peserta Didik di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung, (2) Metode Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Underachiever Peserta Didik di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung, (3) Teknik Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Underachiever Peserta Didik di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung, (4) Evaluasi Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Underachiever Peserta Didik di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Pendekatan Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Underachiever Peserta Didik di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung, (2) Metode Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Underachiever Peserta Didik di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung, (3) Teknik Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Underachiever Peserta Didik di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung, (4) Evaluasi Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Underachiever Peserta Didik di SD Islam Al-Azhaar Tulungagung. Dilihat dari sumber datanya, penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, sedangkan dari jenis datanya, pendekatan yang digunakan Peneliti adalah pendekaatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam peneliti ini menggunakan tiga tekhnik, yaitu observasi partisipan, wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasakan hasil temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik sudah baik. Guru berperan sebagai fasilitator dan menjadikan peserta didik sebagai anaknya sendiri, sehingga guru dapat dengan mudah menjadi tauladan bagi peserta didik. Guru dalam perannya mengatasi kesulitan belajar peserta didik dengan cara pendekatan pesonal, memilih dalam menggunakan metode, teknik, evaluasi dan media pembelajaran serta melakukan bimbingan pada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Faktor yang mendukung adalah lingkungan sekolah yang ditunjang fasilitasnya, sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah dari peserta didik, orang tua dan media massa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > ABK
Pendidikan > EQ
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Guru
Pendidikan > IQ
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Sekolah Inklusi
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183277 BAIDULLAH IZZATU ZAMI'Q
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:03
Last Modified: 26 Aug 2022 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30035

Actions (login required)

View Item View Item