STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTsN 9 BLITAR

ALFINA HIDAYATI, 12207183008 (2022) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTsN 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 9 Blitar” ini ditulis oleh Alfina Hidayati, NIM: 12207183008, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Hj. Indah Komsiyah, M. Pd. Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah dan Peningkatan Kinerja Guru Strategi kepala madrasah dalam suatu lembaga pendidikan sangatlah penting. Kepala madrasah adalah otak organisasi yang membuat rencana dasar, membuat keputusan dan menentukan tujuan organisasi. Sebagai pemimpin pendidikan, kepala madrasah mempunyai peran yang sangat besar dalam mengembangkan kualitas pendidikan di sekolah, membangkitkan semangat kerja yang tinggi, membangun kerjasama yang harmonis dan menciptakan suasana kerja yang menyenangkan, nyaman dan penuh semangat. Kepala madrasah memiliki tanggung jawab untuk membina para guru dalam meningkatkan kinerjanya. Dengan adanya pembinaan kinerja tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan profesional guru sehingga tujuan yang telah ditentukan dapat tercapai. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 9 Blitar, (2) Bagaimana implementasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 9 Blitar, (3) Bagaimana evaluasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 9 Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 9 Blitar, (2) Untuk mendeskripsikan implementasi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 9 Blitar, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi program kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 9 Blitar. Dilihat dari sumber datanya, penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, sedangkan dari jenis datanya menggunakan jenis penelitian studi kasus dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam peneliti ini menggunakan tiga teknik, yaitu observasi partisipan, wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji menguji keabsahan datanya dengan Triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan strategi kepala madrasah diawali dengan melakukan supervisi terhadap guru-guru dalam menentukan program yang tepat untuk meningkatkan kinerja guru. Kemudian kepala madasah melakukan observasi untuk mengetahui kondisi awalnya. Hasil observasi tersebut ditindak lanjuti dengan mengadakan rapat pimpinan yang terdiri dari kepala tata usaha, bidang waka dan para guru (2) Dalam upaya meningkatkan kinerja guru, kepala madrasah mengadakan program-program yang nantinya diikuti oleh semua guru. Selain itu kepala madrasah juga mengikutsertakan para guru pada workshop, pelatihan, penyuluhan dan seminar di luar lingkungan madrasah guna menambah wawasan guru. Sebelum program-program itu dijalankan, kepala madrasah melaksanakan pembinaan khusus yaitu BIMKARSITAL (Bimbingan Karir Profesi dan Mental) yang diadakan setiap satu bulan sekali atau sesuai kebutuhan. Hal itu bertujuan untuk mengontrol kinerja dan memompa semangat para guru serta karyawan lainnya agar selalu mengalami peningkatan dalam melaksanakan pekerjaannya 3) evaluasi kepala madrasah dilakukan sewaktu-waktu dengan mengunjungi kelas satu per satu dan tidak ada seorang pun yang mengetahui tindakan kepala madrasah tersebut. Hasil evaluasi tersebut berupa catatan kinerja setiap guru dan nantinya ditindak lanjuti sesuai dengan catatan tersebut. Faktor pendukung dan penghambat pada penelitian ini adalah guru itu sendiri. Karena setiap progam-program yang diadakan, bapak ibu guru selalu semangat dan memiliki tekad untuk mengikuti setiap inovasi yang akan dilakukan, melaksanakan proses pembelajaran dengan terus mengikuti perkembangan zaman, selalu siap menghadapi di setiap tantangan pendidikan dan mau terus belajar dari inovasi baru guna menambah wawasan dan mengembangkan pengetahuan untuk memberikan yang terbaik bagi pendidikan dengan mengikuti bimbingan, pelatihan, dan motivasi yang diberikan kepala madrasah maupun dari luar madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kepala Sekolah
Kinerja Pegawai
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183008 ALFINA HIDAYATI
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:57
Last Modified: 26 Aug 2022 07:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30042

Actions (login required)

View Item View Item