PENGARUH PENJUALAN BERSIH, BIAYA PRODUKSI, DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP LABA BERSIH (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

LAELATUL MULIA SARI, 12403183103 (2022) PENGARUH PENJUALAN BERSIH, BIAYA PRODUKSI, DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP LABA BERSIH (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penjualan Bersih, Biaya Produksi, dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)” yang ditulis oleh Laelatul Mulia Sari, NIM. 12403183103, dosen pembimbing Dianita Meirini, S.A., M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena terkait laba bersih yakni terjadinya kenaikan laba bersih secara drastis diikuti dengan kenaikan penjualan bersih, biaya produksi, serta biaya operasional dan juga penurunan laba bersih secara drastis yang diikuti dengan kenaikan biaya produksi dan biaya operasional pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan: (1) menganalisis pengaruh penjualan bersih, biaya produksi, dan biaya operasional terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI, (2) menganalisis pengaruh penjualan bersih terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI, (3) menganalisis pengaruh biaya produksi terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI, (4) menganalisis pengaruh biaya operasional terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling dan diperoleh sebanyak 105 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Teknik analisis data menggunakan regresi data panel dengan aplikasi Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara simultan variabel penjualan bersih, biaya produksi, dan biaya operasinal berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (2) penjualan bersih berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih, (3) biaya produksi berpengaruh negatif signifikan terhadap laba bersih, (4) biaya operasional berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih. Kata kunci : Bursa Efek Indonesia, Laba Bersih, Regresi Data Panel.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Laba
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403183103 LAELATUL MULIA SARI
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:49
Last Modified: 26 Aug 2022 08:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30051

Actions (login required)

View Item View Item