AGUSTINA RIZKIA FADILAH, 12201183512 (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini disusun oleh Agustina Rizkia Fadilah, 12201183512. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang, Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci: peran guru, motivasi belajar. Pendidikan merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang di era saat ini, karna dengan membekali diri dengan ilmu pengetahuan sangat berpengaruh terhadap kehidupan secara individu maupun dalam sosial kemasyarakatan. Untuk menjalankan pendidikan yang sistematis dan terukur, dalam pendidikan formal terdapat komponen yang menjadi ujung tombak dari kualitas berlangsungnya pendidikan tersebut, yaitu peran guru atau pendidik. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pengajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pendidik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung, 3) Untuk mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diambil dari kepala sekolah, guru, siswa, dan dokumen kantor lembaga. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik kepercayaan (keajekan, perpanjangan, dan triangulasi), keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian ini adalah 1) Peran guru sebagai pengajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan metode belajar yang fleksibel, memanfaat daya fungsi media yang ada, meningkatkan kreatifitas mengajar guru, memberikan panismen bagi pelanggaran dan dukungan kepada setiap peserta didik, 2) Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang pertama adalah menanamkan rasa tanggung jawab terhadap lembaga sekolah, selanjutnya yaitu memaksimalkan empat kopetensi pendidik, diantaranya kemampuan sosial, pedagogik, kepribadian dan profesionalitas, 3) Guru sebagai pembimbing melakukan bimbingan kepada peserta untuk meningkatkan motivasi belajar, yaitu dengan cara membentuk lingkungan sekolah yang mendidik, memberikan peneladanan, kegiatan shalat dhuha dan baca qur’an sebelum belajar. Selain itu juga diadakan out bon, dan ziarah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201183512 AGUSTINA RIZKIA FADILAH |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 02:17 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 02:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30052 |
Actions (login required)
View Item |