LULUK DEWI PUSPITA, 12210183105 (2022) PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM CERPEN KARYA SISWA KELAS X MA BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (399kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penggunaan Tanda Baca dalam Cerpen Karya Siswa Kelas X MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar Tahun Pelajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Luluk Dewi Puspita, NIM 12210183105, pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: Tanda baca, cerpen Penggunaan tanda baca merupakan salah satu aspek yang memengaruhi kualitas suatu karya ilmiah maupun tulisan lainnya. Tanda baca memberikan arahan intonasi atau penggalan yang tepat. Kesalahan-kesalahan penggunaan tanda baca dapat mengakibatkan kesalahpahaman dalam menangkap suatu maksud dari tulisan. Pembaca menjadi tidak bisa mengerti maksud dari kalimat dan bahkan akan berakibat fatal apabila pembaca salah mengartikan maksud sebuah kalimat menjadi maksud lain yang bertentangan. Peneltian ini penting dilakukan karena terdapat kesalahan penggunaan tanda baca terutama kesalahan penggunaan tanda baca dalam teks cerpen karya siswa. Kesalahan penggunaan tanda baca juga masih sering terjadi dalam tulisan siswa. Hal tersebut yang menjadi alasan peneliti untuk melakukan penelitian dengan menganalisis penggunaan tanda baca dalam cerpen karya siswa kelas X MA Bustanul Muta’allimin. Fokus penelitian dalam penelitian ini sebanyak lima poin, yaitu bentuk penggunaan tanda titik (.), tanda koma (,), tanda seru (!), tanda tanya (?), dan tanda petik (“…”) dalam cerpen karya siswa kelas X MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekaatan kualitatif. Sumber data berasal dari karya siswa berupa teks cerpen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini adalah kesalahan penggunaan tanda baca sebanyak 96 terdiri atas 6 kesalahan penggunaan tanda titik (.), 54 kesalahan penggunana tanda koma (,), 20 kesalahan penggunaan tanda seru (!), 12 kesalahan penggunaan tanda tanya (?), dan 4 kesalahan penggunaan tanda petik (“…”). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesalahan penggunaan tanda baca terbanyak adalah tanda koma. Kesalahan penggunaa tanda koma terbagi menjadi 5, yaitu 2 kesalahan penggunaan tanda koma (,) dipakai di antara unsurunsur dalam suatu pemerincian atau pembilangan, 13 kesalahan penggunaan tanda koma (,) dipakai sebelum kata penghubung, 12 kesalahan penggunaan tanda koma (,) dipakai di belakang kata atau ungkapan penghubung antar kalimat, 13 kesalahan penggunaan tandak koma (,) dipakai sebelum dan/atau sesudah kata seru dan kata yang dipakai sebagai sapaan, dan 14 kesalahan penggunaan tanda koma (,) dipakai untuk memisahkan petikan langsung dari bagian lain dalam kalimat. Dari hasil peneletian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan tanda koma siswa memiliki kesalahan paling banyak. Jadi, hal tersebut membuktikan bahwa siswa tidak teliti bahkan belum memgetahui penggunaan tanda koma secara baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183105 Luluk Dewi Puspita |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 08:57 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 08:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30053 |
Actions (login required)
View Item |