PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PESERTA DIDIK TERHADAP PEMAHAMAN DAN PERILAKU KEAGAMAAN ISLAM SISWA DI SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

MUHAMAD DZIKI FUADY, 12201183189 (2022) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PESERTA DIDIK TERHADAP PEMAHAMAN DAN PERILAKU KEAGAMAAN ISLAM SISWA DI SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (830kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (418kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Peserta Didik Terhadap Pemahaman dan Perilaku Keagamaan Islam Siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung” ini di tulis oleh Muhamad Dziki Fuady, NIM. 12201183189. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci : Latar Belakang Pendidikan, Pemahaman Keagamaan, Perilaku Keagamaan Pada usia remaja, banyak kasus yang mulai terjadi di kalangan sekolah. Selain itu, banyak siswa yang belajar pendidikan agama Islam tetapi didalam dirinya belum terbentuk perilaku taat untuk melasanakan kewajiban beribadah. Berdasarkan hal tersebut memberikan pertanyaan terkait seberapa jauh pengaruh latar belakang siswa terhadap pemahaman agama Islam. Yang mana siswa dari latar belakang MTs seharusnya memiliki lebih banyak pengetahuan kegamaan daripada siswa dari SMP. Akan tetapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa siswa dari MTs selalu lebih unggul. Salah satu tujuan dari pendidikan agama Islam yaitu untuk membentuk kepribadian yang Islami. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana gambaran tentang pemahaman dan perilaku keagamaan Islam pada siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung ? (2) Adakah Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Peserta Didik terhadap Pemahaman Keagamaan Islam pada siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh Latar Belakang Pendidikan Peserta Didik terhadap Perilaku Keagamaan Islam pada siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung ? Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel yang terdisi dari 243 siswa. Dengan teknik sampling proportional random sampling. Variabel bebas : Latar Belakang Pendidikan Siswa (X). Variabel terikat : Pemahaman Keagamaan (Y1) dan Perilaku Keagamaan (Y2). Teknik pengumpulan data : angket, dokumentasi dan tes. Uji Hipotesis : Uji T, Uji Manova, dan Uji Determinasi Hasil penelitian : (1) Pemahaman keagamaan yang terdapat di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung meliputi kelancaran dalam membaca al-Qur’an beserta tajwidnya, kelancaran dalam membaca bacaan sholat, pengetahuan terkait hal hal yang dilarang dan yang diperbolehkan oleh agama Islam dan berusaha untuk mengamalkannya. (2) Ada Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Peserta Didik terhadap Pemahaman Keagamaan Islam pada siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung yang dibuktikan dari nilai thitung > ttabel (3.700 > 1.969) maka Ha diterima dan H0 ditolak. (3) Ada pengaruh Latar Belakang Pendidikan Peserta Didik terhadap Perilaku Keagamaan Islam pada siswa di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung yang di tunjukkan dari Thitung > Ttabel (5.218 > 1.969) dan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05 maka Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183189 MUHAMAD DZIKI FUADY
Date Deposited: 26 Aug 2022 09:01
Last Modified: 26 Aug 2022 09:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30054

Actions (login required)

View Item View Item