NADHILA DIAH PERMATASARI, 12205183121 (2022) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS I PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MIN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (811kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas I pada Pembelajaran Al-qur’an Hadist di MIN 6 Tulungagung” yang di tulis oleh Nadhila Diah Permatasari, NIM 12205183121, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Nur Kholis, S.Ag. M.Pd. Kata Kunci: Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Al-qur’an Hadist Kesulitan belajar adalah suatu permasalahan yang sangat kompleks dalam pendidikan. Begitu banyaknya permasalahan dalam kegiatan mengajar disekolah, tidak sedikit siswa mengalami masalah belajar. Sering kali siswa mengalami kesulitan belajar khususnya mata pelajaran Al-qur’an hadist, kesulitan tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor. Apabila kesulitan belajar tidak segera diatasi akan sangat berdampak pada keberhasilan belajar siswa, maka kesulitan yang dijumpai disekolah harus segera diatasi dan dicarikan solusi dari berbagai pihak yang bersangkutan. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana jenis kesulitan yang dialami peserta didik kelas I pada mata pelajaran Al-qur’an hadist di MIN 6 Tulungagung? (2) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas I pada mata pelajaran Al-qur’an hadist di MIN 6 Tulungagung? (3) Bagaimana hambatan dan sekaligus solusi guru dalam upaya mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas I pada mata pelajaran Al-qur’an hadist di MIN 6 Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui jenis kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik kelas I pada mata pelajaran Al-qur’an hadist di MIN 6 Tulungagung. (2) untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas I pada mata pelajaran Alqur’an hadist di MIN 6 Tulungagung. (3) untuk mengetahui hambatan dan sekaligus solusi guru dalam upaya mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas I pada mata pelajaran Alqur’an hadist di MIN 6 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian terletak di MIN 6 Tulungagung. Data diperoleh peneliti dari guru kelas, guru Alqur’an hadist dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangaluasi sumber dan teknik, serta perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian yang ditemukan adalah: 1) jenis kesulitan yang dialami oleh peserta didik mata pelajaran Al-qur’an hadist yaitu berdasarkan pengembangan adalah kesulitan menghafal ayat Al-qur’an hadist serta memahami materi pelajaran, berdasarkan akademik adalah kesulitan dalam membaca dan menulis ayat Al-qur’an hadist. 2) upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas I pada mata pelajaran Alqur’an hadist melalui pembiasaan, bimbingan belajar, mendemonstrasikan bacaan secara berulang dan bersamasama, menggunakan metode bervariasi, memberikan latihan dan tugas-tugas yang berkaitan dengan mata pelajaran Al-qur’an hadist. 3) hambatan dan sekaligus solusi guru dalam upaya mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas I pada mata pelajaran Al-qur’an hadist meliputi: kondisi kelas yang kurang nyaman solusinya guru harus dapat mengelola kelas dengan baik sebelum pembelajaran, kondisi siswa yang kurang terkontrol solusinya guru memberikan perhatian khusus berupa nasehat, konsentrasi siswa yang kurang baik solusinya guru memberikan stimulus agar tingkat kosentrasi siswa baik, dan tingkat kecerdasan dibawah standart solusinya guru tidak memaksa siswa harus bisa belajar mata pelajaran Al-qur’an hadist.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183121 NADHILA DIAH PERMATASARI |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 04:10 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 04:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30070 |
Actions (login required)
View Item |