Ita Lutfiani, 2841134009 (2015) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multi Situs di SMPN 1 Sutojayan dan SMPN 2 Sutojayan Blitar). [ Thesis ]
Text
Cover.pdf Download (286kB) |
||
|
Text
I.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
II.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
III.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
VI.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text
V.pdf Download (368kB) |
||
|
Text
IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ita Lutfiani, NIM. 2841134009 ”Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Multi Situs di SMPN 1 Sutojayan dan SMPN 2 Sutojayan Blitar)”. Pascasarjana, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing 1: Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag, 2: Dr. Teguh, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Kepala Sekolah, Peningkatan Kinerja Guru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh langkah-langkah yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru melalui fungsi manajemen yaitu: perencanaan, proses/pelaksanaan, dan hasilnya yang digunakan untuk mempersiapkan pendidik dalam upaya menjawab tantangan zaman serta mampu bersaing dalam menghasilkan output yang baik. Karena dengan peningkatan kinerja guru yang dilakukan kepala sekolah di lembaganya merupakan sumber yang berkekuatan dalam profesi yang diembannya. Sebagai kepala sekolah banyak langkah yang dapat dilakukan guna meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan tugas sesuai tupoksinya (tugas pokok dan fungsinya), bagi guru di sekolah akan sangat membutuhkan adanya dorongan semangat dan motivasi dari pimpinan. Sebab hal tersebut merupakan modal yang penting sehingga hampir setiap tindakan dan kebijakan yang dilakukan/diambil oleh pemimpin mempunyai dampak posisitif dan negatif bagi bawahan/guru. Fokus dalam rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: 1) bagaimana perencanaan kepala sekolah dalam membangun karakter (ciri-ciri khusus) kinerja guru di SMPN 1 Sutojayan dan SMPN 2 Sutojayan Blitar?; 2) Bagaimana proses peningkatan kinerja guru yang dilakukan kepala sekolah di SMPN 1 Sutojayan dan SMPN 2 Sutojayan Blitar?; 3) bagaimana hasil peningkatan kinerja guru yang dilakukan kepala sekolah di SMPN 1 Sutojayan dan SMPN 2 Sutojayan Blitar? Penelitian ini berdasarkan sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifatnya termasuk dalam penelitian kualitatif. Berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi multi situs. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat, danklarifikasi dengan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perencanaan kepala sekolah dalam membangun karakter (ciri-ciri khusus) kinerja guru di SMPN 1 Sutojayan dan SMPN 2 Sutojayan Blitar adalah 1) menyusun RKS; 2) merumuskan visi, misi, dan tujuan; 3) menentukan kurikulum sekolah; 4) mengadakan berbagai program kegiatan dalam upaya peningkatan kinerja guru; 5) meningkatkan kemauan dan kompetensi kinerja; 6) menumbuhkan sifat kerjasama dan keharmonisan; 7) membangun rasa terbuka; 8) membiasakan budaya malu; 9) kreatif; 10) melalui program pengembangan keprofesionalan kepala sekolah; 11) beracuan pada kurikulum; 12) penetapan sistem kebijakan; 13) penetapan kegiatan pendukung; xi 14) menganggap bawahan sebagai tim/partner; 15) disiplin; 16) profesionalitas; 17) membangkitkan semangat kerja. Proses/pelaksanaan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 1 Sutojayan dan SMPN 2 Sutojayan Blitar adalah 1) pembinaan terhadap guru; 2) melaksanakan kerjasama yang baik; 3) upaya memberikan semangat kepada guru dalam pengembangan kurikulum; 4) menuju keprofesionalan guru; 5) MGMP; 6) meningkatkan profesi melalui workshop; 7) memberikan dorongan melanjutkan studi; 8) memperhatikan kesejahteraan guru; 9) pengaturan suasana iklim kerja yang baik. Hasil peningktan kinerja guru yang dilakukan kepala sekolah di SMPN 1 Sutojayan dan SMPN 2 Sutojayan Blitar adalah1) laporan rekap hasil evaluasi; 2) membuat fakta integritas; 3) penggunaan sistem penilaian dan ketuntasan belajar (KKM) melalui komputerisasi dapat mempermudah akses para guru dan siswa agar bisa mengetahui kedeteilan hasil siswa yang diperoleh; 4) pemberian reward; 5) pembagian tugas atau tambahan jabatan sebagai wakil kepala sekolah bagi guru yang mempunyai tingkat penilaian dan tinggi; 6) identifikasi dari hasil evaluasi untuk merevisi permasalahan yang timbul; 7) network/internet merupakan sumber informasi.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Studi Islam |
Depositing User: | mohamad 28411340015 Mohamad Juliantoro |
Date Deposited: | 16 Dec 2015 07:34 |
Last Modified: | 16 Dec 2015 07:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3009 |
Actions (login required)
View Item |