STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SDN TULUNGREJO 01 PARE

RIKASARI, 12201183286 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SDN TULUNGREJO 01 PARE. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an bagi Peserta Didik di SDN Tulungrejo 01 Pare Kediri” ini ditulis oleh Rikasari, NIM 12201183286, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SAYYID ALI RAHMAD TULUNGAGUNG, Pembimbing Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci : Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Kesulitan Belajar Al-Qur’an Banyak sekali peserta didik di tingkat sekolah dasar yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor internal maipun faktor eksternal. Faktor internal sepert kurangnya minat peserta didik dan motivasinya dalam mempelajari Al-Qur’am. Kemudian faktor eksternalnya seperti kurangnya perhatian dan dukungan dari orang tua, hingga faktor sosial yang masih jauh dari kegiatan keagamaan. Untuk mengatasi kondisi tersebut, seorang guru harus memiliki strategi yang baik dan tepat. Guru SDN Tulungrejo 01 Pare Kediri dalam hal mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an pada peserta didik memiliki strategi yaitu dengan memberikan pembelajaran tambahan BTQ (Baca Tulis Qur’an) pada saat pembelajaran Agama Islam . Strategi ini sudah diterapka cukup lama. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk menggali data dan melakukan penelitian di lokasi ini . Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana strategi guru PAI dalam merencanakan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik di SDN Tulungrejo 01 Pare Kediri?, (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik di SDN Tulungrejo 01 Pare Kediri?, (3) Bagaimana strategi guru PAI dalam mengevaluasi pembelajaran untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik di SDN Tulungrejo 01 Pare Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan kecermatan dalam penelitian, dan triangulasi. Hasil penelitian : (1) Perencanaan pembelajaran dalam hal mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik oleh guru PAI di SDN Tulungrejo 01 Pare Kediri dilakukan dengan cara : a) mengidentifikasi kemampuan siswa. b) membuat peta kemampuan siswa. c) menyiapkan materi seperti buku penunjang dan metode yang akan digunakan. (2) Pelaksanaan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik oleh guru PAI dilakukan dengan : a) Menggunakan metode tarsana b) menggunakan metode iqro’. c) pelaksanaan terdiri dari 3 tahapan , yaitu pendahuluan, inti dan penutup. (3) Strategi guru PAI dalam mengevaluasi pembelajaran untuk mengatasi keslitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik oleh guru PAI dilakukan dengan : a) Metode tes membaca Al- Qur’an. b) Metode menulis ayat Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183286 RIKASARI
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:32
Last Modified: 09 Mar 2023 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30094

Actions (login required)

View Item View Item