IKE NUR JANAH, 12210183056 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KLIPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 8 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (87kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (38kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Media Kliping terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Ike Nur Janah, NIM 12210183056 pembimbng Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Proses pembelajaran menulis teks persuasi yang kurang inovatif membuat siswa kurang termotivasi untuk aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut akan berpengaruh pada hasil keterampilan menulis yang kurang maksimal. Guru menjadi komponen penting untuk menunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Seorang guru harus kompeten dalam menggunakan metode, teknik, atau media yang dianggap cocok dengan minat serta taraf perkembangan siswa dalam belajar. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai penggunaan media kliping terhadap keterampilan menulis teks persuasi. Media kliping merupakan salah satu bentuk inovasi media pembelajaran yang membawa siswa pada suasana belajar yang menyenangkan (edutainment). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media kliping terhadap keterampilan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu atau Quasi Experimental Design, dengan desain penelitian Nonequivalent Contol Group Design. Pada desain penelitian ini menggunakan lebih dari satu kelompok yang terdiri atas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol merupakan kelompok yang tidak diberikan perlakuan dengan media kliping. Sedangkan kelompok eksperimen merupakan kelompok yang diberikan perlakuan dengan menggunakan media kliping. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dengan data berupa skor pre-test dan post-test keterampilan menulis teks persuasi pada siswa. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji gain skor. Hasil analisis data uji-t diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Hal tersebut berarti nilai 0,000 kurang dari 0,05 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jumlah peningkatan keterampilan menulis pada pre-test dan post-test dengan nilai N-gain score 58% berada pada kategori cukup efektif yakni antara 56 %– 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kliping efektif untuk diterapkan dalam keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183056 Ike Nur Janah |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 04:15 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 04:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30099 |
Actions (login required)
View Item |