EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KLIPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 8 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

IKE NUR JANAH, 12210183056 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KLIPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 8 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Media Kliping terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Ike Nur Janah, NIM 12210183056 pembimbng Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Proses pembelajaran menulis teks persuasi yang kurang inovatif membuat siswa kurang termotivasi untuk aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut akan berpengaruh pada hasil keterampilan menulis yang kurang maksimal. Guru menjadi komponen penting untuk menunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Seorang guru harus kompeten dalam menggunakan metode, teknik, atau media yang dianggap cocok dengan minat serta taraf perkembangan siswa dalam belajar. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai penggunaan media kliping terhadap keterampilan menulis teks persuasi. Media kliping merupakan salah satu bentuk inovasi media pembelajaran yang membawa siswa pada suasana belajar yang menyenangkan (edutainment). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media kliping terhadap keterampilan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu atau Quasi Experimental Design, dengan desain penelitian Nonequivalent Contol Group Design. Pada desain penelitian ini menggunakan lebih dari satu kelompok yang terdiri atas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol merupakan kelompok yang tidak diberikan perlakuan dengan media kliping. Sedangkan kelompok eksperimen merupakan kelompok yang diberikan perlakuan dengan menggunakan media kliping. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dengan data berupa skor pre-test dan post-test keterampilan menulis teks persuasi pada siswa. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji gain skor. Hasil analisis data uji-t diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Hal tersebut berarti nilai 0,000 kurang dari 0,05 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jumlah peningkatan keterampilan menulis pada pre-test dan post-test dengan nilai N-gain score 58% berada pada kategori cukup efektif yakni antara 56 %– 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kliping efektif untuk diterapkan dalam keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII MTs Negeri 8 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183056 Ike Nur Janah
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:15
Last Modified: 20 Sep 2022 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30099

Actions (login required)

View Item View Item