PENERAPAN METODE UMMI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MIN 9 NGANJUK

INTAN ROHMATUL UMMAH, 12205183094 (2022) PENERAPAN METODE UMMI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MIN 9 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memiliki kemampuan membaca Al-Qur‘an yang baik dan sesuai dengan kaidah Al-Qur‘an. Oleh sebab itu, perlu adanya peningkatan kemampuan membaca yang memilki kualitas tinggi dalam membaca. Peningkatan kualitas membaca tersebut dilakukan memalui pembelajaran A-Qur‘an metode Ummi. Metode Ummi menerapkan membaca menggunakan irama dengan kasih sayang ibu serta memberikan energi semangat untuk membaca tanpa mengeja dan terbata-bata. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran Al-Qur‘an dengan Metode Ummi untuk meningkatkan kualitas dalam membaca Al-Qur‘an berdasarkan kelancaran di MIN 9 Nganjuk?. (2) Bagaimana pembelajaran Al-Qur‘an dengan metode Ummi untuk meningkatkan kualitas dalam membaca berdasarkan penguasaan tajwid di MIN 9 Nganjuk?. (3) Bagaimana pembelajaran Al-Qur‘an dengan metode Ummi untuk meningkatkan kualitas dalam menulis berdasarkan kefasihan di MIN 9 Nganjuk? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana penerapan kelancaran, penguasaan ilmu tajwid dan kefasihan sebagai dasar untuk pendidik dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‘an melalui metode Ummi pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 9 Cangkringan Nganjuk. Dalam penelitian ini metode yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif melalui pengumpulan data dari latar alami secara holistik-kontekstual dengan menggunakan pendekakatan penelitian berupa studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara yang mendalam, dan dokumentasi. Analis data menggunakan proses Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kelancaran sebagai kualitas membaca Al-Qur‘an berkaitan dengan kefasihan dan penguasaan tajwid. Teknik pembelajaran dengan menulang-ulang disertai irama. menggunakan model klassikal individual, klassikal baca simak. Evaluasi berbentuk tes lisan berupa pertanyaan dan Penargetan hafalan surat. Faktor pendukung kelancaran siswa adalah sarana dan prasarana menjadi salah satu perlengkapan belajar metode Ummi. (2) Penguasaaan tajwid sebagai kualitas membaca sesuai huruh-huruf dari tempat keluarnya hak dan mustahaqnya. Penerapan tajwid pada jilid 1-6 masih dalam bentuk teori. Penguasaan ilmu tajwid di dukung melalui kemampuan menghafal yang baik serta mutu guru yang telah tersertifikasi. Evaluasi berbentuk tes lisan berupa tes membaca ayat pada jilid serta melantunkan konsep dari setiap ayat dalam buku jilid. (3) kefasihan sebagai kualitas membaca Al-Qur‘an berkaitan dengan bacaan Al-Qur‘an yang baik dan benar serta tartil. Kefasihan yang baik itu akan berpengaruh pada kemudahan siswa dalam menulis Penulisan arab ataupun ayat yang baik dimulai dengan penguasaan huruf hijaiyah.mengenalhuruf latin, penempatan atau letak ayat, serta cara menyambung ayat secara lancar dan benar. Di dukung dengan adanya buku prestasi Ummi dan peran orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183094 INTAN ROHMATUL UMMAH
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:24
Last Modified: 12 Sep 2022 08:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30108

Actions (login required)

View Item View Item