MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER DI SMAN 1 DURENAN

FERI KRIS ARDIANTO, 12207183075 (2022) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER DI SMAN 1 DURENAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAC.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Peserta didik dalam Pengembangan Bakat dan Minat melalui Program Ekstrakurikuler Di sekolah menengah atas negeri 1 Durenan” ini ditulis oleh Feri Kris Ardianto, Nomor induk mahasiswa 12207183075, Pembimbing Dr. Nurul Hidayah, M.Ag Kata Kunci : Manajemen, Peserta Didik, Pengembangan, Bakat Minat, Ekstrakurikuler Tulisan ini menjelaskan tentang Manajemen Peserta didik Dalam Pengembangan bakat minat melalui program ekstrakurikuler di sekolah menengah atas negeri 1 Durenan. di sekolah mennengah atas 1 Durenan mewadahi dan mengembangkan setiap anggota peserta didiknya yang memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Wadah tersebut terwujud dalam kurang lebih 25 kegiatan ekstrakulikuler. Setiap tahunnya tidak kurang dari 30 piala kejuaraan yang disumbangkan dari berbagai ekstrakulikuler tersebut sebagai wujud prestasi. Hal terebut tidak heran terjadi, karena lebih dari 50% peserta didik yang masuk di sekolah tersebut sudah memiliki minat dan bakat yang sebelumnya telah mereka miliki. Pencapaian prestasi tersebut juga pastinya diiringi dengan pengelolaan kegiatan ekstrakulikuler yang baik dengan mewajibkan seluruh peserta didiknya untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sesuai dengan apa yang diminati mereka masing-masing. Kebanyakan di lembaga pendidikan prestasi dari peserta didik yang selalu diapresiasi hanya dari segi akademiknya saja, sehingga menyebabkan non akademiknya kurang diperhatikan, padahal peserta didik juga bisa berprestasi dalam bidang non akademik yang meliputi lkegiatan bakat minat. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan Manajemen peserta didik dalam pengembangan bakat dan minat melalui program ekstrakurikuler di sekolah menengah atas negeri 1 Durenan?. (2) Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik dalam pengembangan bakat dan minat melalui program ekstrakurikuler di sekolah menengah atas negeri 1 Durenan?. (3) Bagaimana Evaluasi pelaksanaan Manajemen Peserta Didik dalam pengembangan bakat dan minat melalui program ekstrakurikuler di sekolah menengah atas negeri 1 Durenan?. Jika dilihat dari sumber datanya, penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder. Sedangkan jenis datanya, pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa : (1) Perencanaan manajemen peserta didik dalam pengembanagn bakat dan minat melalui program ekstrakurikuler di sekolah menengah atas 1 Durenan yaitu proses rekrutmen peserta didik atau penerimaan peserta didik baru, Proses rekrutmen peserta didik dilakukan hasil dari analisis kebutuhan peserta didik yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, ada beberapa tahap dalam rekrutmen peserta didik baru di sekolah menengah atas negeri 1 Durenan yang meliputi : pembentukan panitia penerimaan calon peserta didik baru, menentukan syarat- syarat calon peserta didik baru, pengumuman mekanisme pendaftaran calon peserta didi baru. (2) pelaksanaan manajemen peserta didik dalam pengembangan bakat dan minat melaluiprogram ekstrakurikuler di sekolah menengah atas negeri 1 Durenan Setelah dilakukannya perencanaan yang matang maka diadakannya proses pelaksanaan pengembangan bakat dan minat. Pengenalan minat dan bakat siswa di sekolah menengah atas negeri 1 Durenan bermula pada saat Masa Ta’aruf Siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan berbagai progam ekstrakurikuler yang ada di sekolah, sebagai bentuk penjaringan bakat dan minat siswa baru. Kegiatan Masa Ta’aruf merupakan agenda sekolah yang wajib diikuti oleh seluruh siswa baru. (3) Evaluasi pelaksanaan Manajemen Peserta Didik dalam pengembangan bakat dan minat melalui program ekstrakurikuler di sekolah menengah atas negeri 1 Durenan, kegiatan Evaluasi pengembangan bakat dan minat di sekolah menengah atas negeri 1 Durenan dilakukan secara bertahap, dengan melakukan evaluasi setiap tahun dan evaluasi setiap ada kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini dilakukan untuk melihat perkembangan dari kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah menengah atas negeri 1 Durenan

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12207183075 Feri Kris Ardianto
Date Deposited: 09 Sep 2022 09:05
Last Modified: 09 Sep 2022 09:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30109

Actions (login required)

View Item View Item