PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU SUMBERDAYA GURU (Studi Kasus di SDI Babussalam Durenan Trenggalek)

DZIKROYATUL CHULWAH, 12501194020 (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU SUMBERDAYA GURU (Studi Kasus di SDI Babussalam Durenan Trenggalek). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Mutu Sumberdaya Guru (Studi Kasus di SDI Babussalam Durenan Trenggalek)” ini ditulis oleh Dzikroyatul Chulwah dengan dibimbing oleh Prof.Dr.H.Akhyak, M.Ag. dan Prof.Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd.I. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Pengembangan Mutu, Sumberdaya guru Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi fenomena bahwa Kepala sekolah mempunyai peran yang penting untuk meningkatkan kualitas lembaga yang dipimpinnya termasuk didalamnya pengembangan kualitas sumberdaya manusianya yaitu guru. Hal ini dikarenakan, dengan andil kepala sekolah maka akan terjadi perubahan-perubahan menuju standar mutu guru yang diharapkan Seorang kepala sekolah dituntut untuk memahami peran apa yang harus dijalankannya sehingga dengan mengetahui dan menjalankan dengan benar peran kepemimpinan tersebut, maka kepala sekolah akan mampu mengembangkan mutu sumberdaya guru. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah (1)Bagaimana peran Kepala Sekolah dalam pengembangan mutu sumberdaya guru di SD Islam Babussalam Durenan Trenggalek? (2)Bagaimana teknik pengembangan mutu sumberdaya guru di SD Islam Babussalam Durenan Trenggalek? (3)Bagaimana keberhasilan pengembangan mutu sumberdaya guru di SD Islam Babussalam Durenan Trenggalek? Tujuan penelitian dalam tesis ini adalah: (1)Mendeskripsikan peran Kepala Sekolah dalam pengembangan mutu sumberdaya guru di SD Islam Babussalam Durenan Trenggalek (2) Mendeskripsikan teknik pengembangan mutu sumberdaya guru di SD Islam Babussalam Durenan Trenggalek (3) Mendeskripsikan keberhasilan pengembangan mutu sumberdaya guru di SD Islam Babussalam Durenan Trenggalek Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan dan menggunakan triangulasi sumber serta triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1)Kepala SDI Babussalam Durenan Trenggalek melaksanakan 7 peran yaitu sebagai educator,manager ,administrator supervisor, leader, inovator dan motivator (2)Teknik pengembangan mutu sumberdaya guru SDI Babussalam Durenan Trenggalek menggunakan teknik on the job training meliputi pelatihan, bimbingan teknis dan diklat Sedangkan untuk teknik off the job training meliputi izin belajar melanjutkan pendidikan, workshop dan MGMP (3)Keberhasilan peran Kepala SDI Babussalam Durenan Trenggalek dalam mengembangkan mutu sumberdaya guru adalah dengan berkembangnya kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional guru SDI Babussalam Durenan Trenggalek

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1250 1194020 DZIKROYATUL CHULWAH
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:27
Last Modified: 21 Sep 2022 05:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30119

Actions (login required)

View Item View Item