PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D PADA MATERI GENETIKA STRUKTUR KROMOSOM, DNA, DAN RNA UNTUK SISWA KELAS XII

DEWI RATNA SARI, 12208173043 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D PADA MATERI GENETIKA STRUKTUR KROMOSOM, DNA, DAN RNA UNTUK SISWA KELAS XII. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran 3D pada Materi Genetika Struktur Kromosom, DNA, dan RNA untuk Siswa Kelas XII” ini ditulis oleh Dewi Ratna Sari, NIM 12208173043 Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Luqman Hakim Abbas, S. Si., M. Pd. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Alat Peraga 3D, Struktur Kromosom, DNA dan RNA Penelitian pengembangan dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang kurang mengusai materi genetika. Abstraknya materi dalam genetika disebabkan adanya objek yang dikaji memiliki ukuran mikroskopis, sulit diamati secara langsung tanpa bantuan alat-alat canggih, banyak istilah-istilah yang harus dihafal dan dipahami, serta banyak penggunaan simbol-simbol yang dapat membuat siswa menjadi lebih sulit memahami konsep dasar dari genetika. Tidak hanya itu salah satu penyebab banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi genetika adalah kurang tersedianya media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mempelajari materi tersebut. Proses pembelajaran menggunakan media sangat penting karena dapat memberikan solusi terhadap kekurangan dalam metode pembelajaran konvensional yang cenderung menggunakan metode ceramah tanpa mengetahui dan melihat wujud dari obyek pembelajaran yang dijelaskan. Adanya masalah yang telah diuraikan di atas maka peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis alat peraga 3D struktur kromosom, DNA dan RNA untuk mempelajari materi genetika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangan media pembelajaran 3D pada materi genetika struktur kromosom, DNA dan RNA, (2) Menghasilkan media pembelajaran berbasis alat peraga 3D struktur kromosom, DNA dan RNA yang layak digunakan, (3) Mengetahui keterbacaan produk media pembelajaran yang dikembangkan, (4) Mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis alat peraga 3D struktur kromosom, DNA dan RNA yang dikembangkan terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan desain model ADDIE. Desan penelitian dan pengembangan model ADDIE ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap Analysis (analisis), tahap Design (desain), tahap Development (pengembangan), tahap Implementation (implementasi), dan tahap Evaluation (evaluasi). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MA Hasyim Asy’ari Karangrejo Tulungagung, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 1 dan 2 MA Hasyim Asy’ari Karangrejo Tulungagung. Desain uji coba dalam penelitian ini menggunakan desain Pre-Experimental Design (non-design) dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi, lembar angket keterbacaan dan lembar soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Berupa produk media pembelajaran berupa alat peraga 3D struktur kromosom, DNA dan RNA, (2) Hasil uji kelayakan media pembelajaran berbasis alat peraga 3D dilakukan oleh 3 validator, yaitu dosen ahli media, dosen ahli materi dan guru pengampu mata pelajaran Biologi. Hasil penilaian dari validator ahli media memperoleh hasil sebesar 84% dengan kriteria sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. Hasil penilaian validator ahli materi memperoleh hasil sebesar 87,2 % dengan kriteria sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan hasil penilian dari guru pengampu mata pelajaran biologi memperoleh hasil sebesar 86% dengan kriteria sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi; (3) Hasil uji keterbacaan produk yang dilakukan siswa memperoleh rata-rata nilai 43,31 dari skor maksimal 50 dengan presentase sebesar 87% dengan kriteria media pembelajaran berupa alat peraga 3D sangat mudah digunakan sebagai media belajar untuk mempelajari materi genetika; (4) Hasil uji coba produk untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis alat peraga 3D struktur kromosom, DNA dan RNA di peroleh dari hasil belajar siswa yang berupa pretest dan posttest. Hasil rata-rata nilai pretest 51,90 sedangkan rata-rata nilai posttest sebsesar 81,90. Nilai rata-rata hasil belajar posttest lebih besar daripada rata-rata hasil belajar pretest yaitu 81,90 > 51,90. Berdadarkan hasil ketuntasan belajar klasikal diperoleh sebesar 76% siswa tuntas dalam pembelajaran. Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan melalui SPSS dengan menggunakan Uji Paired Sample Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 sehingga hasil yang diperoleh 0,000 < 0,05. Hasil signifikansi yang diperoleh menunjukkan kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dimana terdapat perbedaan rata-rata diantara kedua data (pretest dan posttest) dengan kesimpulan bahwa media pembelajaran alat peraga 3D struktrur kromosom, DNA dan RNA efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk mempelajari materi genetika. Media pembelajaran dikatakan efektif apabila terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan dengan membandingkan nilai pretest dan posttest peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208173043 Dewi Ratna Sari
Date Deposited: 02 Sep 2022 08:28
Last Modified: 02 Sep 2022 08:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30145

Actions (login required)

View Item View Item