STRATEGI ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS RENDAH SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MIN 8 BLITAR

NURLAYLI, 12205183140 (2022) STRATEGI ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS RENDAH SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MIN 8 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Orang Tua dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas Rendah Selama Pembelajaran Daring di MIN 8 Blitar” ini ditulis oleh Nurlayli, NIM. 12205183140, pembimbing Dr. H. Nur Kholis, S. Ag., M. Pd. Kata Kunci : Strategi Orang Tua, Minat Belajar, Daring Penelitian ini dilatar belakangi oleh orang tua yang merasa kesulitan saat menumbuhkan minat belajar anaknya ketika pembelajaran daring dimasa pandemi COVID-19. Maka dari itu, orang tua harus menggunakan strategi yang sesuai kegita mendampingi anak belajar. Dalam hal ini peneliti menghubungkan antara strategi yang digunakan orang tua dengan minat belajar siswa MIN 8 Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana strategi orang tua dalam menumbuhkan minat berhitung (numerik) siswa kelas rendah selama pembelajaran daring di MIN 8 Blitar (2) bagaimana strategi orang tua dalam menumbuhkan minat membaca (literasi) siswa kelas rendah selama pembelajaran daring di MIN 8 Blitar (3) bagaimana strategi orang tua dalam menumbuhkan minat menulis siswa kelas rendah selama pembelajaran daring di MIN 8 Blitar. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi yang dilakukan oleh orang tua untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas rendah saat pembelajaran daring. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah MIN 8 Blitar untuk masukan ketika memberi arahan kepada orang tua siswa apa yang harus dilakukan orang tua saat pembelajaran daring. Bagi orang tua sebagai referensi strategi yang akan digunakan ketika membimbing anak saat pembelajaan daring berlangsung. Bagi peneliti lain sebagai bahan masukan yang sukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumplan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dengan cara mewawancarai secara langsung dengan kepala sekolah dan orang MIN 8 Blitar. Observasi digunakan untuk mengamati dengan mendalam dan mencatat berbagai strategi yang dilakukan oleh orang tua siswa dalam rangka untuk menumbuhkan minat belajar siswa selama pembelajaran daring. Dokumntasi digunakan untuk mendapatkan informasi dan data dalam bentuk dokumen tertulis seperti arsip, visi misi, dan dokumendokumen lain yang mendukung fakta kejadian di lapangan berkaitan dengan strategi orang tua dalam menumbuhkan minat belajar siswa selama pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi orang tua dalam menumbuhkan minat berhitung (numerik) selama pembelajaran daring dengan berbagai cara, seperti menjelaskan kemudian memberi contoh soal, memberi pertanyaan seputar berhitung ketika ketika mau tidur. Strategi orang tua dalam menumbuhkan minat membaca (literasi) selama pembelajaran daring dengan berbagai cara menetapkan waktu belajar yang khusus untuk belajar membaca juga mendampingi anak saat belajar membaca dan menjelaskan bagian mana yang belum dipahami oleh anak. Strategi orang tua dalam menumbuhkan minat menulis selama pembelajaran daring dengan berbagai cara mendampingi dan memberi contoh bagaimana menulis dengan baik serta memfasilitasi anak untuk belajar menulis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183140 Nurlayli
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:54
Last Modified: 02 Sep 2022 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30156

Actions (login required)

View Item View Item