SALZABILA AHADATUL MUHARROMAH, 12207183100 (2022) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK PESERTA DIDIK DI MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (361kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena terkait masalah-masalah prestasi peserta didik yang mampu mempengaruhi naik-turunnya kualitas pendidikan di Indonesia. Apalagi dengan madrasah yang selalu dalam pandangan masyarakat hanyalah sekolah berlabel pelajaran religius. Madrasah jika mampu menghasilkan prestasi yang baik, berarti manajemen kesiswaan di madrasah tersebut memiliki sistem dan program pengelolaan yang baik pula. Tapi kenyataannya tidak semua madrasah memiliki hal yang demikian. Sehingga terjadilah kesenjangan antara manajemen kesiswaan dengan peningkatan prestasi seperti program yang dilakukan, sumber daya manusianya, proses kegiatan belajar mengajarnya, pembinaan, hingga perhatian pada setiap prosesnya pencapaian prestasi peserta didik. Dalam hal ini, peneliti mengangkat MTsN 5 Tulungagung yang selalu berusaha memberikan inovasi-inovasi pengelolaan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik sebagai penelitian yang dibutuhkan untuk pengembangan dan perlu dicontoh oleh madrasah lainnya. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kesiswaan di MTsN 5 Tulungagung?, (2) Bagaimana pengorganisasian kesiswaan dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik peserta didik di MTsN 5 Tulungagung?, (3) Bagaimana pelaksanaan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik peserta didik di MTsN 5 Tulungagung?, (4) Bagaimana pengawasan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik peserta didik di MTsN 5 Tulungagung?. Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Untuk menjelaskan perencanaan kesiswaan di MTsN 5 Tulungagung, (2) Untuk menjelaskan pengorganisasian kesiswaan dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik peserta didik di MTsN 5 Tulungagung, (3) Untuk menjelaskan pelaksanaan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik peserta didik di MTsN 5 Tulungagung, (4) Untuk menjelaskan pengawasan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik peserta didik di MTsN 5 Tulungagung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, jenis penelitian field research dan rancangan penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di MTsN 5 Tulungagung. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada Kepala MTsN 5 Tulungagung, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Bidang Kurikulum/Akademik, Wakil Kepala Bidang Sarana Prasarana, Guru/Pembina, dan Peserta Didik. Teknis analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, pengamatan mendalam, dan triangulasi agar data dalam penelitian dapat dikumpulkan dan diketahui kebenarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kesiswaan dilakukan secara sistematis dimulai dari analisis kebutuhan hingga penganggaran kesiswaan. Perencanaan kesiswaan yang dilakukan yakni (a) perencanaan dilakukan melalui rapat koordinasi dengan Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Bidang Sarana Prasarana, dan guru/pembina; (b) penyusunan dan pembuatan program/kegiatan kesiswaan mengacu Rencana Kerja Madrasah (RKM); (c) pembuatan program menyesuaikan kemampuan peserta didik; (d) perencanaan kegiatan dimulai dari kegiatan PPDB, kegiatan ekstrakurikuler, program diferensiasi, dan kegiatan pendelegasian peserta didik. (2) Pengorganisasian kesiswaan berjalan dengan baik dengan struktur organisasi yang bertanggungjawab dan memiliki tupoksinya masing-masing. Budaya dan iklim organisasi antar personal didalamnya menciptakan rasa keterikatakan keluarga baik dalam menyelesaikan pekerjaan maupun diluar tugas. Familywork menjadi tujuan utama guna memberikan semangat dan dukugan kinerja madrasah. (3) Pelaksanaan kesiswaan berjalan sesuai rencana dan visi misi madrasah, terkhusus pada program peningkatan prestasi akademik dan non akademik yakni program diferensiasi. Seluruh stakeholder melakukan tugas dan wewenangnya tanpa terkecuali dan peserta didik menjadi objek atau target utama. (4) pengawasan kesiswaan berfokus untuk memonitoring saat hingga selesainya kegiatan kesiswaan. Pengawasan yang dilakukan adalah terjun langsung oleh pengelola madrasah. Dan juga adanya pengawasan satu pintu secara digital melalui GDrive bersama. Disusul dengan evaluasi yang dilakukan oleh pengelola madrasah yang menerapkan pemecahan masalah dengan solusi yang dimusyawahkan dan adanya reward and punishment sebagai puncak pendisiplinan pengawasan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183100 SALZABILA AHADATUL MUHARROMAH |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 06:51 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 06:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30159 |
Actions (login required)
View Item |