LAIQOTUR RAFEENA, 12204183302 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS DARUSSALAM ARIYOJEDING TULUNGAGUNG PADA MATERI LINGKARAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (957kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (449kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (735kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung pada Materi Lingkaran” yang ditulis oleh Laiqotur Rafeena, NIM. 12204183302, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Resource Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari peserta didik yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru. Peserta didik hanya bisa menyelesaikan soal yang sama persis dengan soal yang dibuat guru, itupun kadang masih ada yang kesulitan dan bertanya kepada guru. Apalagi jika soal sudah dimodifikasi, maka hampir semua peserta didik kebingungan untuk menyelesaikan soal tersebut. Penyebab lainnya adalah guru masih menjadi pusat dari kegiatan belajar mengajar di kelas. Dengan menggunakan model pembelajaran resource based learning ini nantinya mengharuskan peserta didik untuk mencari materi dari berbagai sumber belajar. Dari hal tersebut diharapkan peserta didik mampu memahami masalah matematika sehingga mereka mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan matematis yang dihadapinya Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran resource based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis didik kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung pada materi lingkaran, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari model pembelajaran resource based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis didik kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung pada materi lingkaran, (3) Untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran resource based learning dan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional peserta didik kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding Tulungagung pada materi lingkaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding. sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran resource based learning, dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisi data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran resource based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi lingkaran kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding, dibuktikan dengan hasil analisis diperoleh nilai signifikan sebesar 0,019. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan 0,019 < 0,05, yang artinya H0 ditolak, (2) Besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran resource based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi lingkaran kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding yaitu sebesar 76%, dimana pengaruh tergolong sedang, (3) Ada perbedaan antara peserta didik yang diajar yang diajar menggunakan model pembelajaran resource based learning dan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dibuktikan dengan melihat hasil rata-rata nilai kelas eksperimen 73,804 sementara rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 63,587.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183302 LAIQOTUR RAFEENA |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 08:05 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 08:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30174 |
Actions (login required)
View Item |