ZAHROTUL MAGHFIROH RUSDIANA, 12210173072 (2021) NILAI PENDIDIKAN SASTRA LISAN DAM BAGONG KABUPATEN TRENGGALEK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X TKRO 6 SMK ISLAM 2 DURENAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (780kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Zahrotul Maghfiroh Rusdiana. NIM. 12210173072. Nilai Pendidikan Sastra Lisan Dsm Bagong Kabupaten Trenggalek pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X TKRO 6 SMK Islam 2 Durenan. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Mustofa, S.S., M.Pd. Kata kunci: Nilai Pendidikan, Sastra Lisan, Pembelajaran Penelitian ini didasari adanya pentingnya mengetahui cerita rakyat lokal, salah satunya adalah cerita Dam Bagong. Dalam cerita Dam Bagong mengandung nilai-niai pendidikan yang baik jika diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X. Penelitian ini dilakukan di kantor budayawan, dan di SMK Islam 2 Durenan kabupaten Trenggalek. Peneliti memilih lokasi sekolah SMK Islam 2 Durenan karena siswa kurang mengenal cerita rakyat lokal daerahnya. Tujuan penelitian ini adalah; 1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam sastra lisan Dam Bagong Kabupaten Trenggalek, 2) Mendeskripsikan nilai pendidikan sastra lisan Dam Bagong Kabupaten Trenggalek pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X TKRO 6 di SMK Islam 2 Durenan Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalahbudayawan yang faham mengenai cerita Dam Bagong Kabupaten Trenggalek dan kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X TKRO 6 SMK Islam 2 Durenan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ada dua, Pertama nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam cerita Dam Bagong yaitu nilai religi berupa; 1) beriman, 2) ketakwaan, 3) berdoa, nilai pendidikan moral berupa; 1) jiwa kepemimpinan, 2) kegigihan, 3) memperbaiki akhlak, 4) menepati janji, 5) amanah, 6) kepedulian, 7) keikhlasan, nilai pendidikan sosial berupa; 1) gotong royong, 2) tolong menolong, 3) berbagi dengan sesama, nilai pendidikan budaya berupa; 1) pemanfaatan lingkungan, 2) melestarikan budaya lokal. Hasil kedua adalah nilai pendidikan sastra lisan Dam Bagong pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X TKRO, yaitu nilai pendidikan religi berupa; 1) berdoa, nilai pendidikan moral berupa; 1) jiwa kepemimpinan, 2) kegigihan, 3) amanah, dan nilai pendidikan sosial berupa; 1) gotong royong.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173072 ZAHROTUL MAGHFIROH RUSDIANA |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 08:14 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 08:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30198 |
Actions (login required)
View Item |