Nikmaturrohmah, Imroatul Latif (2014) Pembiasaan Shalat Dhuha dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di MTs Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
Awal.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci : pembiasaan shalat dhuha, akhlak Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi dari banyaknya permasalahan yang timbul di lingkungan masyarakat. Salah satunya adalah kurang terbinanya akhlak peserta didik. Maka dari itu memberikan pendidikan shalat pada peserta didik menjadi tugas bagi guru karena sesungguhnya shalat adalah madrasah akhlak dan pelatihan aplikatif yang menanamkan semangat kedisiplinan dalam jiwa. Pendidikan shalat yang di berikan tidak hanya shalat wajib saja akan tetapi perlu juga ditanamkan pembiasaan pada peserta didik untuk melaksanakan shalat sunnah termasuk diantaranya shalat dhuha karena masih banyak peserta didik pada khusunya dan masyarakat pada umumnya yang belum mengerti benar dan mengabaikan shalat sunnah khususnya shalat dhuha. Pokok bahasan yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha dalam akhlak peserta didik di MTs Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? (2) Apa dampak pembiasaan shalat dhuha dalam pembinaan akhlak peserta didik di MTs Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan? Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pelakasanaan pembiasaan shalat dhuha dalam pembinaan akhlak peserta didik di MTs Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung dan mengetahui dampak pembiasaan shalat dhuha dalam pembinaan akhlak peserta didik di MTs Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan orang, dan pengamatan ke tempat lokasi secara langsung, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa, pelaksanaan shalat dhuha di MTs Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung sudah berjalan sebagaimana mestinya. Demikian halnya dengan dampak dari pelaksanaan shalat dhuha terhadap akhlak peserta didik pun juga sudah dirasakan khusunya oleh siswa dan umumnya oleh guru. Dari hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa pembiasaan shalat dhuha membawa banyak sekali dampak postif bagi kehidupan sehari-hari khusunya untuk peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 03 Dec 2014 03:22 |
Last Modified: | 03 Dec 2014 03:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/302 |
Actions (login required)
View Item |