PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK ELEKTRONIK DALAM MENINGKA TKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIKIH KELAS VIII DI MTsN 3 NGANJUK

NAILA A’YANA IZZA ALFIYANA, 128506203022 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK ELEKTRONIK DALAM MENINGKA TKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIKIH KELAS VIII DI MTsN 3 NGANJUK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)

Abstract

Motivasi belajar peserta didik sangatlah penting guna dalam meningkatkan hasil belajar, di era digital ini peserta didik lebih suka asik dengan dunia bermainnya dan motivasi belajarnya masih kurang. Pendidikpun dalam pendidikan dituntut menggunakan pemanfaatan IT di dalamnya, yang salah satunya adalah penggunaan IT dalam pembuatan atau pengembangan suatu media, hal tersebut belum dapat tercapai, karena masih belum maksimalnya pendidik yang mampu menggunakan IT untuk pembelajaran. Pembelajaran sendiri terdapat beberapa faktor yang dapat mempengarui kelancaran dan efektifnya suatu pembelajaran, salah satunya yaitu media pembelajaran. Dengan melihat ketersediaan sarana dan prasarana yang disediakan oleh madrasah maka peneliti melakukan pengembanagan media pembelajaran komik elektronik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fikih di MTsN 3 Nganjuk. Rumusan masalaah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana desain media pembelajaran komik elektronik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fikih kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk ? (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran komik elektronik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fikih kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk ? (3) Bagaimana implementasi dengan media pembelajaran komik elektronik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fikih kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk ? (4) Bagaimana efektifitas media pembelajaran komik elektronik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fikih kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk ? Dengan tujuan (1) Untuk mendiskripsikan desain media pembelajaran komik elektronik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fikih kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk. (2) Untuk mendiskripsikan kelayakan media pembelajaran komik elektronik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fikih kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk.(3) Untuk mendiskripsikan implementasi dengan media pembelajaran komik elektronik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fikih kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk. (4) Untuk mendiskripsikan efektifitas media pembelajaran komik elektronik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fikih kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk. Metode penelitian dalam thesis menggunakan RnD (Research and Developmnet) atau penelitian dan pengembangan dengan model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Angket digunakan pada validasi ahli dan motivasi belajar siswa, sedangkan soal tes digunakan pada penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Pengembangan media pembelajaran komik elektronik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fikih kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk dengan langkah 4-D yang didalamnya terdapat tahap penguji coba dan tahap revisi menjadikan media ini merupakan media yang layak digunakan dan disebarkan pada lingkup yang lebih luas. (2) Media pembelajaran komik elektronik layak digunakan dengan hasil perolehan validasi media sebesar 65,3% sehingga perlunya sedikit revisi, perolehan dari ahli materi dan praktisi sebesar 83% dan 77,6% yang merupakan kriteria sanggat layak, dan respon peserta didik menyatakan sangat layak 6 peserta didik dan layak satu peserta didik pada uji coba kelompok kecil, dan kriteria yang diberikan oleh 25 peserta didik serta kriteria layak yang diberikan 7 peserta didik pada uji coba kelompok besar. (3) Pengimplementasian media pembelajaran komik elektronik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fikih kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk ini diawali dengan merencanakan pembelajara, mengimplementasikan dengan pembukaan, menyampaikan isi materi dengan bantuan edia komik elektronik, selanjutnya melakukan evaluasi serta revleksi dan yang terakhir penutup, tahapan tersebut berjalan lancar. (4) efektifitas Pengemangan media pembelajaran komik elektronik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fikih kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk efektif digunakan yang ditunjukkan oleh data ketuntasan tes yang telah dilakukan oleh peserta didik, selain itu data uji independent sampel t test yang menunjukkan nilai signifikansi pada percobaan kelompok kecil sebesar 0,000 dan percobaan pada kelompok besar memeperoleh nilai signifikansi sebesr 0,000 yang keduanya menjelaskan adanya perbedaan signifikansi pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Terdapat pengaruh penggunaan media pemebelajaran komik elektronik dalam meningktakan motivasi belajar fikih kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk. Terdapat pengaruh penggunaan media pemebelajaran komik elektronik dalam meningktakan hasil belajar fikih kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk. Terdapat pengaruh penggunaan media pemebelajaran komik elektronik dalam meningktakan motivasi dan hasil belajar fikih kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163445 NAILA A’YANA IZZA ALFIYANA
Date Deposited: 07 Sep 2022 02:43
Last Modified: 07 Sep 2022 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30211

Actions (login required)

View Item View Item