KEBIJAKAN KIAI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PESANTREN (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Udanawu Blitar dan Pondok Pesantren Darussalam Campurdarat Tulungagung)

MUHAMMAD NABILA HILMI MUSTOFA, 12501194034 (2021) KEBIJAKAN KIAI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PESANTREN (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Udanawu Blitar dan Pondok Pesantren Darussalam Campurdarat Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (815kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Kebijakan Kiai dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pesantren (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Udanawu Blitar dan Pondok Pesantren Darussalam Campurdarat Tulungagung)” ini ditulis oleh Muhammad Nabila Hilmi Mustofa dengan promotor Dr. Asrop Syafi’i, M.Ag dan Dr. As’aril Muhajir, M.Ag. Kata Kunci : Kebijakan Kiai, Mutu Pendidikan Pesantren Salah satu unsur dominan dalam kehidupan sebuah pesantren ialah peran kiai dalam mengolah irama perkembangan dan kelangsungan kehidupan pesantren, yaitu dengan kebijakan, kedalaman ilmu, karismatik dan keterampilannya. Kebijakan kiai sangat berpengaruh terhadap mutu pendidikan karena merupakan elemen yang paling esensial dalam mengendalikan seluruh sektor kegiatan pesantren. Penulis menggali data terkait kebijakan kiai dalam meningkatkan mutu pendidikan pesantren di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Udanawu Blitar dan Pondok Pesantren Darussalam Campurdarat Tulungagung. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana formulasi kebijakan kiai dalam meningkatkan mutu pendidikan pesantren di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Udanawu Blitar dan Pondok Pesantren Darussalam Campurdarat Tulungagung?; (2) Bagaimana implementasi kebijakan kiai dalam meningkatkan mutu pendidikan pesantren di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Udanawu Blitar dan Pondok Pesantren Darussalam Campurdarat Tulungagung?; (3) Bagaimana evaluasi kebijakan kiai dalam meningkatkan mutu pendidikan pesantren di kedua pondok pesantren tersebut diatas? Penelitian ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap, dan pengalaman sebagai upaya meningkatkan kualitas dalam pembelajaran terutama di lingkungan pondok pesantren, yakni memahami kebijakan kiai dalam meningkatkan mutu pendidikannya. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pimpinan pesantren tentang kebijakan yang lebih progresif sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di pesantren. Penelitian disusun berdasarkan data lapangan dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui proses wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni model Milles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui validasi internal, validasi eksternal, reliabilitas, dan obyektivitas. Hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa : 1) Formulasi kebijakan kiai dilakukan melalui diskusi bersama, identifikasi berbagai permasalahan dan diambil skala prioritas sebagai alternatif pemecahannya, 2) Implementasi kebijakan kiai dilakukan dengan memaksimalkan kegiatan pesantren, penambahan sarana dan prasrana serta pemilihan tenaga pendidik secara selektif, 3) Evaluasi kebijakan kiai dilakukan dengan menganalisis segala sumber daya pondok pesantren, tertib membuat laporan kegiatan, rutin melakukan pemantauan dan pengawasan pada setiap kegiatan yang ada di pesantren.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501194034 MUHAMMAD NABILA HILMI MUSTOFA
Date Deposited: 05 Sep 2022 08:07
Last Modified: 05 Sep 2022 08:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30218

Actions (login required)

View Item View Item