PUTRI CHOIRUN NISA’ FITRI, 12210183034 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SMPN 3 KEDUNGWARU PADA ERA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (614kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (178kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (202kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (979kB) |
Abstract
Pandemi covid-19 memaksa berbagai aspek kehidupan di masyarakat berubah. Salah satunya yang terdampak yaitu pada aspek pendidikan. Walaupun demikian pendidikan harus terus berjalan selama pandemi dengan cara diberlakukannya pembelajaran dalam jaringan (daring). Dalam kondisi tersebut tentu dibutuhkan penggunaan media pembelajaran yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan pembelajaran dalam jaringan. Aplikasi tersebut di antaranya yaitu aplikasi WhatsApp. Namun, dalam penggunaan media pembelajaran tentu terdapat beberapa kendala yang menyebabkan pembelajaran menjadi tidak efektif khususnya terkait penggunaan aplikasi WhatsApp pada pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan adanya hal tersebut peneliti melakukan penelitian terkait keefektivan penggunaan aplikasi WhatsApp pada pembelajaran bahasa Indonesia materi surat dinas dan surat pribadi pada era pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variable bebas (x) berupa aplikasi WhatsApp dan variable terikat (Y) berupa pembelajaran bahasa Indonesia. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru, sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII-I yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi dan teknik tes. Teknik tes terdiri dari tes kemampuan awal siswa ( pretest) dan tes kemampuan akhir siswa (post-test). Data yang telah di kumpulkan kemudiaan dianalisis menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan software SPSS 26 untuk mengetahui efektivitas WhatsApp dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dari data yang telah diperoleh pada penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan antara hasil post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen walaupun tidak terlalu signifikan. Kelas kontrol memperoleh hasil lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas eksperimen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan bantuan softwear SPSS 26 dengan uji-T menunjukkan nilai signifikansi lebih dari 0,05 yaitu sebesar 0,836 yang berarti bahwa penggunaan aplikasi WhatsApp tidak efektif digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia pada era pandemi Covid-19.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183034 PUTRI CHOIRUN NISA’ FITRI |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 02:55 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 02:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30226 |
Actions (login required)
View Item |