BADRIYATUL ULUM, 12501194030 (2022) MANAJEMEN SANTRI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI MULTISITUS di PONPES TARBIYATUL FALAH BLITAR dan PONPES SALAFIAH DARUR ROJA’ BLITAR). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (802kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (239kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Santri Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multisitus di Ponpes Tarbiyatul Falah dan Ponpes Salafiah Darur Roja’ Blitar) ini ditulis oleh Badriyatul Ulum dengan dibimbing oleh Dr. H. Asrop Syafi’I, M.Ag dan Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag Kata Kunci: Manajemen Santri, Mutu Pendidikan, Pesantren Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi pemikiran tentang perlunya manajemen santri atau peserta didik di lembaga pendidikan formal maupun non formal. Karena santri merupakan objek dalam pembejaran yang harus ditata dengan baik agar menjadi manusia yang baik dan bermanfaat untuk sesama. Manajemen santri memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan secara maksimal sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah (1) bagaimana perencanaan penerimaan santri baru dalam meningkatkan mutu pendidikan? (2) bagaimana pengelompokan santri dalam meningkatkan mutu pendidikan? (3) bagaimana pembinaan santri dalam meningkatkan mutu pendidikan? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan multisitus di Ponpes Tarbiyatul Falah Blitar dan Ponpes Salafiah Darur Roja’ Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data tunggal dan analisis data lintas situs. Pengecekkan keabsahan data dengan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan penerimaan santri baru menggunakan perencanaan operasional yang mana fasenya sangat sempit yaitu kurang dari satu tahun diadakan penerimaan santri baru. Diawali dengan pembentukan panitia dan tugas-tugasnya, perumusan kebijakan untuk pelaksanaan penerimaan mengenai promosi penerimaan, kriteria, kuota, proses seleksi hingga pengumuman penerimaan santri baru. Pengumuman pendfataran santri baru melalui media cetak, online maupun offline. (2) Pengelompokan santri berdasarkan kemampuan yang dimiliki atau disebut ability grouping sehingga memudahkan dalam pemberian pembinaan dan dapat mengoptimalkan perencanaan peningkatan mutu pendidikan. (3) Pembinaan santri berdasarkan kriteria dan karakter pesantren. Kegiatan pembinaan yang dilakukan secara terus menerus dan pendampingan secara intens khususnya untuk santri yang masih tertinggal. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik kedepannya, sehingga manajemen santri dapat berjalan dengan baik dan maksimal.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12501194030 BADRIYATUL ULUM |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 02:51 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 02:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30248 |
Actions (login required)
View Item |