PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LEARNING CYCLE 5-E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SMP/MTs

M. NURUL HUDA, 3214113017 (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LEARNING CYCLE 5-E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SMP/MTs. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1.SAMPUL.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1,2,3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Huda, M. Nurul. 3214113017.2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Learning Cycle 5-E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Smp/Mts. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika FTIK IAIN Tulungagung. Pembimbing: Sutopo. M.Pd. Kata kunci: Pengembangan Modul, Learning Cycle 5-E, Hasil Belajar Matematika. Salah satu factor yang memegang peranan penting untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran matematika adalah memilih metode atau model pembelajaran yang sesuai. Selama ini pembelajaran hanya terpusat oleh guru dan interaksi antar siswa kemungkinannya sangat kecil. Proses yang demikian akan menjadi monoton dan berdampak pada menurunnya prestasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan pembelajaran diperlukan model pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah dengan menggunakan model learning cycle 5-e. model ini memilik 5 tahapan dalam proses pembelajaran yaitu (a) pembangkitan minat (engagement), (b) eksplorasi (exploration), (c) penjelasan (explanation), (d) elaborasi (elaboration), (e) evaluasi (evaluation). Model pembelajaran ini diyakini dapat meningkatkan motivasi maupun prestasi karena pembelajaran ini berorientasi pada siswa. Selain menggunakan model pembelajaran yang tepat, bahan ajar yang digunakan juga harus sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Salah satu bahan ajar yang dirasa tepat untuk digunakan adalah dengan modul pembelajaran. Tujuan utama dari modul adalah meningkatkan efektivitas pembelajaran disekolah baik waktu, dana, fasilitas maupun tenaga guru mencapai tujuan secara optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana prosesl pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis learning cycle 5-e pada materi bangun ruang sisi datar? (2) bagaimana hasil pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis learning cycle 5-e pada materi bangun ruang sisi datar? (3) apakah ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara pembelajaran dengan modul berbasis learning cycle dengan yang tidak memakai modul? Pengembangan modul ini menggunakan model yang diadopsi dari Borg & Gall. Berdasar hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas control sebesar 66,84 dan kelas eksperimen sebesar 75,4. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar 8,56 dari kelas control. Dari hasil analisis menggunakan SPSS 16.0 diperoleh taraf signifikan sebesar 0.007 < 0,05 yang berarti ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa yang menggunakan modul berbasis learning cycle 5-e dengan yang tidak menggunakan modul pada materi bangun ruang sisi datar MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. .

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214113017 M. NURUL HUDA
Date Deposited: 17 Dec 2015 03:16
Last Modified: 17 Dec 2015 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3025

Actions (login required)

View Item View Item