LUKMAN KHAKIM, 17205163304 (2022) SRATEGI GURU AL-QURAN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI PSM PADANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (765kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (604kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Srategi Guru Al-quran Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di MI PSM Padangan Tulungagung.” yang ditulis oleh Lukman NIM. 1720516306, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. Mustafa, S.S, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Al-quran Hadits, Kesulitan Belajar Guna meraih keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar maka guru harus menerepkan strategi belajar yang tepat. Berkaitan dengan mata pelajaran Al-quran hadits guru dapat berupaya maksimal denganmembimbing dan mendidik anak, utamanya dalam pemahaman ajaran Al-quran dan Hadits agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi dalam prosesnya, seorang guru juga harus mengatasi langkah solutif guna mengatasi kesulitan belajar anak didik. Pada mata pelajaran Al-quran dan Hadits, beberapa anak mengalami kesulitan dalam memahami materi meskipun dapat membaca dan mengetahui bahan pembelajaran. Namun, secara mendasar beberapa siswa mengaalami kesulitan dalam memahami tujuan pembelajaran yang sesungguhnya, yaitu yang berkaitan dengan konsep keberhasilan dan kesuksesan dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1). Bagaimana perencanaan guru Al-quran hadits dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI PSM Padangan Tulungagung tahun ajaran 2018/2019?, 2) Bagaimana metode guru Al-quran hadits dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI PSM Padangan Tulungagung tahun ajaran 2018/2019?, 3) Bagaimana hambatan guru Al-quran hadits dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI PSM Padangan Tulungagung tahun ajaran 2018/2019?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian mulai dari pelaku, persepsi, motivasi, dan tindakan secara holistik dan dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini teletak pada kelompok informan dari sekolah. Hasil penelitin ini, yaitu: 1) Tahapan perencanaan yang dilaksanakan di MI PSM, berupa penyediaan bahan ajar, kemudian guru melakukan identifikasi terhadap faktor yang mempengaruhi pembelajaran guna menentukan langkah lanjutan dalam kegiatan belajar mengajar. 2) Penggunaan metode pembelajaan guru menerapkan metode ceramah plus, serta guru menggali faktor internal dan faktor eksternal siswa yang mempengaruhi anak dalam kegiatan belajar mengajar. 3) Guru dalam mengatasi hambatan belajar siswa, salah satu langkah yang diterapkan yaitu dengan melaksanakan evaluasi belajar. Selain itu, berdasarkan gejala yang teramati dan faktor penyebab kesulitan belajar, maka guru dapat menetukan langkah-langkah guna mengatasi kesulitan belajar siswa, dengan hasil akhir keberhasilan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islàm Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 17205163304 LUKMAN KHAKIM |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 08:28 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 08:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30261 |
Actions (login required)
View Item |