IMATUL KHUSNA, 2814133084 (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) | Preview |
Abstract
kripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Islam Al Azhaar Tulungagung” ini ditulis oleh Imatul Khusna, NIM 2814133084, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa penurunan nilai matematika peserta didik yang disebabkan selain faktor kecerdasan intelektual ada juga faktor lainnya, yaitu kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Kecerdasan emosional mengajarkan anak untuk mengelola emosi atau perasaannya pada saat proses belajar, sedangkan keceerdasan spiritual mengajarkan untuk tidak pantang menyerah dalam menghadapi dan melampaui rasa takut terhadap mata pelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui pengaruh tingkat kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI F SD Islam Al Azhaar Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI F SD Islam Al Azhaar Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh tingkat kecerdasan emosional dan tingkat kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI F SD Islam Al Azhaar Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Islam Al Azhaar Tulungagung. Selanjutnya sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI F. Data diperoleh dengan cara memberikan kuesioner/angket dengan sejumlah instrumen pernyataan yang telah disiapkan. Adapun validasi instrumen menggunakan SPSS for windows, selanjutnya uji reliabilitas dengan menggunakan teknik analisis korelasi alpha crombach dengan bantuan SPSS for windows. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan regresi linier berganda yaitu uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Terdapat pengaruh tingkat kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI F SD Islam Al Azhaar Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (5,770 > 1,708) dengan taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat pengaruh tingkat kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI F SD Islam Al Azhaar Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (4,863 > 1,708) dengan taraf signifikansi 5%. (3) Terdapat pengaruh secara simultan atau bersama-sama antara tingkat kecerdasan emosional dan tingkat kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI F SD Islam Al Azhaar Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji signifikansi simultan (f-test), diperoleh hasil bahwa F hitung > F tabel (23,117 > 2,990).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > EQ Pendidikan > Hasil Belajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133084 Imatul Khusna |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 01:26 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 01:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30266 |
Actions (login required)
View Item |