PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SMP/MTs

SITI NURJANAH, 3214113027 (2015) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SMP/MTs. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab IV.pdf

Download (993kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK: Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk SMP/Mts” yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk pembelajaran berupa modul yang didasarkan pada strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (penelitian dan pengembangan). Pengembangan Modul ini, mengacu pada penelitian dan pengembangan modifikasi dari model pengembangan Borg & Gall. Prosedur pengembangan modul inimelalui beberapa tahapan yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan informasi (2) Perencanaan (3) Pengembangan format produk awal (4) Uji coba awal (5) revisi produk (6) Uji coba lapangan (7) Revisi produk (8) Uji lapangan (9) Revisi produk akhir (10) Desiminasi dan implementasi. Berdasarkan hasil validasi pengembangan modul berbasis PQ4R ini secara keseluruhan diperoleh rata-rata total 3,16 dengan kriteria cukup valid (tidak perlu revisi). Sedangkan dari angket siswa mengenai tingkat keefektifan modul secara keseluruhan diperoleh presentasi total 75% dengan kriteria Efektif (tidak revisi). Berdasarkan hasil post test diketahui rata-rata kelas kontrol sebesar 64,43 sedangkan rata-rata kelas eksperimen sebesar 72,82. Selain itu Berdasarkan hasil uji t-test diperoleh taraf signifikan sebesar 0,006<0,05 yang berarti modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa yang menggunakan modul berbasis PQ4R dengan siswa yang tidak menggunakan modul yang berbasis PQ4R. Kata Kunci : penelitian dan pengembangan, modul, PQ4R

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214113027 SITI NURJANAH
Date Deposited: 17 Dec 2015 04:02
Last Modified: 17 Dec 2015 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3027

Actions (login required)

View Item View Item