MOHD. BAHAUDIN IHSAN, 12210183104 (2022) ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA PENILAIAN AKHIR SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2020/2021 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI DI SMAN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (764kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (188kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Penilaian Akhir Semester Tahun Pelajaran 2020/2021 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI di SMA N 1 Boyolangu Tulungagung ” ini ditulis oleh Mohd Bahaudin Ihsan, NIM.12210183104, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr.Erna Iftanti, S.S, M.Pd. Kata Kunci : Analisis butir soal, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas XI Dalam mengevaluasi hasil belajar peserta didik, terdapat dua teknik evaluasi yaitu teknik tes dan teknik non tes. Dalam dunia pendidikan, teknik evaluasi yang sering digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes. Tes dikatakan berkualitas apabila mencakup aspek Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, dan Efektivitas Pengecoh/Distractor. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kualitas tes sehingga diketahui butir tes yang berkualitas dan dapat digunakan kembali, serta butir tes yang kurang berkualitas untuk direvisi. Dalam penelitian ini, soal Mata pelajaran yang akan dianalisis adalah soal mata pelajaran Bahasa Indonesia berupa tes objektif penilaian akhir semester (PAT) Ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data berupa soal-soal penilaian akhir semester. Data penelitian yang dianalisis berupa paket soal yang terdiri : (1) lembar jawaban siswa, (2) lembar soal, (3) lembar kunci jawaban. Analisis butir soal dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan program ANATES Version 4.09 yang dikembangkan oleh Drs. Karno To, M.Pd dan Yudi Wibisono, S.T dan perhitungan manual dengan bantuan program Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal penilaian akhir semester (PAT) ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI tahun pelajaran 2020/2021 sebagai berikut : (1) Validitas soal terdapat 20 soal atau sebesar 67% dinyatakan valid dan 10 soal atau sebesar 33% dinyatakan tidak valid. (2) Reliabilitas soal sebesar 0,82 sehingga berdasarkan dari perbandingan rxx ≥0,70 bisa disimpulkan bahwa butir soal tersebut memiliki reliabilitas yang tinggi. (3) Daya pembeda soal terdapat kategori jelek 13%, soal cukup baik berjumlah 60% dan kategori baik 27%. (4) Tingkat kesukaran terdapat 1 butir soal atau sebesar 3% soal tergolong soal yang sedang, 29 soal atau sebesar 97% soal tergolong mudah. (5) Efektifitas pengecoh soal terdapat 3% butir soal kategori baik, 1% butir soal kategori cukup baik dan 33% kurang baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | S1 12210183104 MOHD BAHAUDIN IHSAN |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 08:36 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 08:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30271 |
Actions (login required)
View Item |