PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL HERBARIUM KELOMPOK TUMBUHAN PHANEROGAMAE BAGI MAHASISWA TADRIS BIOLOGI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

MAMILA PUTRI HAPSARI, 12208183165 (2022) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL HERBARIUM KELOMPOK TUMBUHAN PHANEROGAMAE BAGI MAHASISWA TADRIS BIOLOGI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)

Abstract

Penelitian pengembangan dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh standar kependidikan yang harus dipenuhi oleh guru. Salah satu kualifikasi standar kompetensi adalah profesionalitas dalam mengajar. Dalam kegiatan mengajar guru dapat menggunakan alat bantu media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan materi. Oleh karena itu guru perlu untuk menguasai keterampilan dalam mengadakan media pembelajaran. Seperti halnya mahasiswa program studi Tadris Biologi di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, diharapkan mampu mencapai kompetensi keterampilan dalam membuat herbarium. Kompetensi tersebut terdapat dalam mata kuliah Botani Phanerogamae yang perlu ditempuh mahasiswa. Akan tetapi dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami topik herbarium. Hal tersebut dikarenakan penjelasan dari dosen kurang, media pembelajaran yang disajikan dosen hanya petunjuk praktikum, dan ketersediaan media pembelajaran materi herbarium kurang menarik. Kesulitan tersebut membuat mahasiswa mengalami kendala saat proses pembuatan herbarium. Hal tersebut menjadi acuan peneliti untuk mengembangkan video tutorial dikarenakan video memiliki banyak kelebihan, diantaranya: visual yang lebih menarik dibandingkan media lainnya, bisa ditonton secara berulang, da[at dijeda, dapat mempersingkat waktu, dapat memperlihatkan kejadian secara realistik, dan sebagainya. Selain alasan tersebut, berdasarkan analisis peneliti terhadap 5 video teratas di Youtube tentang tutorial herbarium, keberadaan video tutorial herbarium masih memiliki kualitas rendah dari aspek visual, audio, teks, dan isi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan video tutorial herbarium kelompok tumbuhan Phanerogamae. 2) Mendeskripsikan tingkat kelayakan video tutorial herbarium kelompok tumbuhan Phanerogamae. 3) Mendeskripsikan efektivitas video tutorial herbarium kelompok tumbuhan Phanerogamae. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development (R&D)) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall hingga tahap ke-9 (Research and Information collecting, Planning, Develop preliminary form of product, Preliminary field testing, Main product revision, Main field testing, Operational product revision, Operational field testing, Final product revision). Adapun subjek penelitian adalah mahasiswa Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung angkatan 2020. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket analisis kebutuhan, angket validasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Desain uji coba dalam penelitian ini adalah desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik parametrik. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Hasil uji kelayakan video tutorial herbarium kelompok tumbuhan Phanerogamae dilakukan oleh ahli media, ahli materi, repsons dosen pengampu, dan respons mahasiswa. Dan kelayakan soal dilakukan oleh ahli pendidikan. Hasil penelitian validator ahli media memperoleh hasil sebesar 97% dengan kriteria sangat baik dengan keterangan tanpa revisi. Hasil penelitian oleh ahli materi memperoleh hasil sebesar 71% dengan kriteria cukup dengan keterangan perlu direvisi. Hasil penelitian respons dosen pengampu memperoleh hasil sebesar 75 % dengan kriteria baik dengan keterangan perlu direvisi. Hasil angket respons mahasiswa memperoleh hasil rata-rata nilai sebesar 37 dengan hasil persentase sebesar 91 % dengan kriteria sangat baik. Dan untuk hasil penelitian pada instrumen soal ahli pendidikan memperoleh hasil sebesar 89 % dengan kriteria sangat baik dengan keterangan tanpa revisi. Selanjutnya hasil uji validitas terhadap instrumen tes diperoleh hasil 15 butir soal memiliki kriteria valid. Dan tingkat reliabilitas instrumen tes adalah sebesar 0,6103 dengan kriteria tinggi. (2) Hasil uji efektivitas video tutorial herbarium kelompok tumbuhan Phanerogamae dengan menggunakan tes berupa pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan uji N-Gain yang telah dilakukan diperoleh hasil rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,65 dengan kriteria sedang. Sedangkan rata-rata skor N-Gain kelas kontrol sebesar 0,20 dengan kriteria rendah. Sehingga dapat diketahui bahwa penggunaan video tutorial memiliki efektivitas yang lebih tinggi dibandingkan penggunaan media PDF dalam meningkatkan hasil belajar pada materi herbarium kelompok tumbuhan Phanerogamae. Selanjutnya berdasarkan hasil uji independent sample t test menggunakan SPSS 20 terhadap skor N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 dengan taraf signifikasi 0,05 sehingga hasilnya 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan (nyata) antara penggunaan video tutorial dengan media PDF untuk meningkatkan hasil belajar dalam materi herbarium kelompok Tumbuhan Phanerogamae bagi mahasiswa Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Tumbuhan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: S.Pd 12208183165 Mamila Putri Hapsari
Date Deposited: 08 Sep 2022 01:45
Last Modified: 08 Sep 2022 01:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30280

Actions (login required)

View Item View Item